Minggu Ke IV Pelaksanaan PPKM, Satgas Covid-19 : Kasus Aktif Corona Turun

Jubir Satgas COVID-19 WIku Adisasmito (Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta (Sigi Jateng) – Satgas COVID-19 memantau perkembangan kasus aktif Corona saat masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Satgas mencatat ada penurunan kasus aktif saat PPKM memasuki minggu keempat.

“Pada minggu lalu saya mencoba menyampaikan perkembangan pada tiga minggu pertama PPKM, saat ini saya menambahkan dengan perkembangan pada minggu keempat pelaksanaan,” kata Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito dalam jumpa pers yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (9/2/2021).

“Terlihat dari kasus aktif setelah pada tiga minggu pertama pelaksanaan PPKM angkanya masih menunjukkan kenaikan. Pada minggu keempat ini mulai menunjukkan penurunan persentase,” lanjutnya.

Wiku menjelaskan bahwa persentase kasus aktif turun dari 16,24% menjadi 15,23%. “Pada akhir minggu ketiga pelaksanaan, persentase kasus aktif sebesar 16,24%, angka mengalami penurunan pada minggu keempat menjadi 15,23%. Hal ini juga sejalan dengan perkembangan keterisian tempat tidur di ruang isolasi dan ICU,” jelasnya.

Wiku juga memaparkan keterisian ruang isolasi di rumah sakit pada saat masa PPKM. Angkanya terus menunjukkan penurunan.”Di ruang isolasi, sejak awal pelaksanaan PPKM minggu pertama, angkanya terus menunjukkan penurunan. Total penurunan jika dibandingkan dengan awal tahun 2021, sudah mencapai 10,21 persen,” tuturnya.

Lebih lanjut, dia juga menjelaskan soal perkembangan tempat tidur di ruang ICU. Ada penurunan angka saat PPKM memasuki minggu keempat.

“Kabar baik datang dari perkembangan keterisian tempat tidur di ruang ICU. Pada tiga minggu pelaksanaan PPKM, angkanya sempat menunjukkan kenaikan. Namun di minggu keempat, angkanya perlahan menunjukkan penurunan. Total penurunan jika dibandingkan dengan awal tahun 2021, sudah mencapai 10%,” ujarnya.

Wiku meminta agar perkembangan positif ini dipertahankan. Dia mengingatkan semua pihak tak mudah berpuas diri.”Perkembangan positif ini perlu kita pertahankan. Dan tentu saja tidak boleh kita berpuas diri terhadap pencapaian ini,” pungkasnya. (dye)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini