Megawati Minta Kader PDIP Tak Bicara Pilpres 2024, Tetap Fokus Bantu Rakyat Tangani Pandemi

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri meminta kadernya untuk tidak berbicara soal bursa Pilpres 2024. Foto: Istimewa

Jakarta (Sigi Jateng) – Muncul beredar surat dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP terkait arahan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri. Megawati meminta kader PDIP agar tidak berbicara mengenai bursa pencalonan presiden dan wakil presiden untuk Pilpres 2024.

Kabar terkait surat DPP tersebut dikonfirmasi oleh politisi PDIP, Hendrawan Supratikno. Dia menyebut surat itu merupakan hak prerogatif Ketua Umum. “Surat itu penegasan dari surat sebelumnya. Itu hak prerogatif Ketum,” kata Hendrawan di Jakarta, Kamis (12/8/2021).

Surat arahan tersebut diketahui ditandatangani oleh Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri dan Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto. Surat dikeluarkan pada 11 Agustus 2021 dengan nomor 3134/IN/DPP/VIII/2021.

Dalam surat instruksi tersebut tertulis perihal penegasan komunikasi politik. Isi surat tersebut antara lain mengingatkan kembali soal komunikasi politik sesuai surat yang sudah keluarkan sebelumnya.

Di mana untuk tiga pilar partai sebagaimana Pasal 5 huruf F AD ART PDIP yang berisi bahwa Ketua Umum Partai bertugas, berkewenangan, bertanggung jawab serta mempunyai hak prerogatif untuk memutuskan capres dan cawapres.

“Terhadap hal tersebut di atas, agar semua kader berdisiplin untuk tidak memberikan tanggapan calon presiden dan calon wakil presiden, pelanggaran atas ketentuan ini akan diberikan sanksi disiplin Partai,” tulis dalam surat tersebut.

Dalam surat instruksi tersebut juga menegaskan agar seluruh kader PDIP fokus pada skala membantu rakyat menangani pandemi covid-19. (Dye)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here