Disdikbud Izinkan Sekolah Kembali Lakukan Belajar dari Rumah, Usai PAT

Siswa di sebuah sekolah SD di Batang saat melaksanakan kegiatan PTM secara prokes. Foto : Istimewa

Batang (Sigi Jateng)- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Batang mengijinkan sekolah untuk kembali melanjutkan Belajar Dari Rumah (BDR), usai Penilaian Akhir Tahun (PAT) yang dilakukan secara luring atau tatap muka.

“Tentunya keputusan ini harus disesuaikan dengan kondisi terkini sekolah, utamanya melihat angka kasus Covid-19, mengingat beberapa hari ini juga ada tambahan kasus di beberapa titik,” kata Sumanto, Kabid Pendidikan Dasar Disdikbud Batang, Kamis (10/6/2021).

Menurutnya, hal itu dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di Batang, terlebih jika di daerah yang masih ada kasus Covid-19. “Seperti di Kecamatan Batang PAT sudah diizinkan untuk luring, setelah selesai kami memperbolehkan sekolah melanjutkan tatap muka atau kembali belajar dari rumah,” ucapnya.

Dia menjelaskan, sebelumnya guna mendukung pelaksanaan PAT yang sportif sekolah di Kecamatan Batang mengikuti kecamatan lainnya untuk melaksanakan PTM.

“Ujicoba PTM yang digelar mulai tanggal 24 Mei 2021 tersebut kemudian dilanjutkan dengan PAT yang berakhir tanggal 9/10 Juni 2021 tergantung jenjang SD/SMP,” jelas Sumanto.

Pihaknya berharap untuk pelaksanaan pengambilan rapor bisa dilakukan dengan syarat tetap disiplin Prokes. Jika tidak memungkinkan untuk dilakukan di sekolah, maka mungkin dapat dilakukan opsi jemput bola dengan mengantarkan rapor ke rumah siswa.

“Sebab, untuk pembagian rapot saat ini belum bisa dibagikan secara online. Maka, jalan keluarnya iya memang harus dibagikan dengan tatap muka. Yang pasti, asal tidak berkerumun atau bisa dengan jemput bola mengantar rapor ke rumah siswa,” tandasnya. (Dye)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini