Di Salatiga, Retribusi Air Bersih Semua Tempat Ibadah di Gratiskan

Ilustrasi Air Bersih.

Semarang (Sigi Jateng) – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Salatiga akan membebaskan retribusi air bersih semua tempat ibadah. Kebijakan diterapkan setelah mendapat persetujuan pemkot setempat. 

Direktur PDAM Salatiga Samino mengatakan, pihaknya tidak hanya berorientasi pada bisnis. Namun juga melaksanakan fungsi sosial selaku badan usaha milik pemerintah daerah. 

Pelanggan PDAM Salatiga saat membayar rekening di Kantor PDAM. Foto : Istimewa

“Pembebasan retribusi air bersih untuk semua tempat ibadah di Salatiga segera kami realisasikan. Jadi yang tadinya tempat ibadah seperti masjid, gereja dan lainnya kami kenakan tarif sosial, nantinya tidak kami pungut retribusi,” katanya, Jumat (5/11/2021).

Disinggung mengenai ketersediaan air bersih untuk melayani pelanggan termasuk tempat ibadah, saat ini dalam kondisi cukup. Hanya sejauh ini belum bisa melayani pelanggan secara optimal di daerah rawan kekeringan, seperti Kumpulrejo, Argomulyo.

Ini terjadi karena di sekitar daerah tersebut tidak ada sumber air baku yang bisa dikelola. “Kami pernah membuat sumur dalam di daerah Kumpulrejo, namun gagal karena debit airnya sedikit,” ujarnya.

PDAM terus berupaya untuk mencari sumber air baku di daerah lain untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di daerah rawan kekeringan. PDAM sudah membeli tanah yang di dalam diprediksi terdapat sumber air baku yang debitnya cukup banyak.

“Tanahnya berada di daerah Bener, Kabupaten Semarang. Di tempat itu akan kami bangun SPAM Argomulyo dengan anggaran yang bersumber dari PDAM dan DAK (dana alokasi khusus) pemerintah pusat,” ujar Samino.

Sementara itu, berdasarkan hasil analisis, debit air di tanah di Desa Bener cukup untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat di daerah rawan kekeringan. “Kami berharap, rencana pembangunan SPAM Argomulyo bisa segera dilaksanakan dan hasilnya bisa memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat,” ucapnya. (Dye)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini