BLK Kota Pekalongan Buka Pelatihan Enam Jenis Gratis, Info Lengkapnya Disini

ILUSTRASI : Pelatihan service sepeda motor.

KOTA PEKALONGAN– Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinaker) Kota Pekalongan membuka pendaftaran calon peserta Pelatihan Angkatan I Tahun 2021. Pendaftaran sudah dimulai tanggal 18 Januari hingga 17 Februari 2021.

Kepala UPTD BLK Kota Pekalongan, Sunarto Hadi, menyampaikan ada enam jenis pelatihan yang dibuka, yakni pelatihan teknisi instalasi listrik “Smart Home”, menjahit pakaian, servis sepeda motor injeksi, desain grafis muda, administrasi perkantoran, dan pemeliharaan kendaraan ringan.

Masyarakat yang berminat, lanjutnya, bisa mendaftar melalui situs web https://pelatihan.kemnaker.go.id.

Pendaftar diwajibkan untuk membuat akun dan memasukkan data-data seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK) e-KTP, alamat surat elektronik (email), nama bapak/ibu, nomor ponsel, serta beberapa data lain. Setelah itu, calon pendaftar dapat memilih lembaga pelatihan dan program pelatihan yang diinginkan, lalu mencetak kartu pendaftaran.

Calon peserta juga dapat mengunduh panduan pembuatan akun kemnaker melalui link bit.ly/panduan_akun_kemnaker.

“Kalau semua sudah terisi lengkap berkas yang sudah dicetak (dapat) dikumpulkan ke Kantor BLK Kota Pekalongan,” ungkap Sunarto saat ditemui di ruang kerjanya, kemarin.

Dia menambahkan, berkas syarat pendaftaran yang dikumpulkan meliputi bukti pendaftaran daring, fotokopi ijazah terakhir, fotokopi KTP, KK, pas foto formal dengan latar belakang merah, dan stopmap.

Sunarto menjelaskan, untuk tes seleksi akan dilakukan pada 18 Februari 2021. Peserta yang dinyatakan lolos tes tertulis dan wawancara diwajibkan menyertakan hasil uji cepat Covid-19 dan surat keterangan sehat. Kuota peserta pelatihan angkatan I sebanyak 16 orang.

“Pelatihan Angkatan I akan dimulai pada 1 Maret. Pelaksanaannya dilakukan dengan mengedepankan protokol kesehatan ketat, seperti wajib memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak,” pungkas Sunarto. (aris)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini