Angin Puting Beliung di Waduk Gajah Mungkur Viral di Medsos, Begini Penjelasan BPBD Wonogiri

Angin Puting Beliung terjadi di Waduk Gajah Mungkur, Wonogiri, Rabu (20/01/2021) sore.

SOLO (Sigi Jateng) – Angin puting beliung terjadi di tengah Waduk Gajah Mungkur, Wonogiri, Rabu (20/01/2021) pukul 15 30 WIB. Angin ini berputar ke langit dan diatas air waduk selama 10 menit hingga 15 menit. Sedangkan fenomena alam ini dibenarkan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri Bambang Haryanto.

” Memang benar, dari laporan teman teman relawan betul ada kejadian itu. Tidak ada yang rusak karena diatas air waduk, ” terangnya, Rabu (20/01/2011).

Bambang menjelaskan, kalau angin tersebut muncul dari tengah waduk serta memutar ke arah barat. Dan menuju ke selatan sejauh sekitar 1 kilometer sehingga menghilang. Dari kejadian tersebut tidak ada korban jiwa maupun kerusakan rumah maupun keramba milik warga sekitar waduk.

” Kita sudah cek kondisi lokasi, karena angin ini dari tengah ke barat. Sebelum pemukiman sudah ke selatan, ” ujarnya.

Angin ini melintasi waduk yang berada di wilayah Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri. Sekitar waduk banyak lahan luas berpohon, dimana setelah itu pemukiman. Namun demikian fenomena alam ini menurut Bambang, yang terjadi tiap tahun ketika musim penghujan.

” Wilayah desa tersebut merupakan desa tanggap bencana. Kita tetap memantau pada musim ini, jika ada laporan maka segera ke lokasi untuk membantu, ” jelasnya. (Raditya Hermansyah)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini