Tingkatkan PAD, BumDes ini Kembangkan Kemitraaan Usaha Melalui SPBU Mini Pertashop

Camat Plantungan secara simbolis menggunting pita peresmian Pertashop Desa Wanadadi sebagai program kemitraaan didampingi Muspika Kecamatan Plantungan, Perwakilan Pertamina serta masyarakat setempat, Sabtu (18/7).

Kendal (Sigi Jateng) – Berupaya tingkatkan PAD, BumDes Sumber Abadi Desa Wanadadi Kecamatan Plantungan Kendal Jawa Tengah, bermitra dengan PT Pertamina membuka usaha penyediaan bahan bakar dan minyak (BBM) melalui Pertashop. 

Kepala Desa Wanadadi Muhamad Sirodjullah mengatakan keberadaan Pertashop yang dikelola BumDes Sumber Abadi ini justru mengangkat ekonomi dan kesejahteraan masyarakat desa. Seluruh elemen masyarakat, tokoh, BPD, pedagang BBM eceran dan lainnya ikut mendukung.

BumDes Sumber Abadi Desa Wanadadi kini miliki usaha baru berupa penyediaan BBM melalui SPBU Mini Pertashop.

“Pasalnya, Pertashop bisa memberikan kemudahan akses bagi masyarakat untuk bisa mendapatkan BBM tanpa harus pergi jauh ke SPBU,” ujarnya disela-sela launching Pertashop di desanya, Sabtu (18/7/2020).

Camat Plantungan, Ahmad Sulkani berharap layanan Pertashop bisa lebih ditingkatkan serta dikembangkan lagi disejumlah wilayah. Tentunya masyarakat akan semakin dipermudah dengan adanya SPBU mini seperti Pertashop ini. 

“Ketersediaan akan BBM sangat dibutuhkan masyarakat dalam beraktivitas. Lokasi yang dekat dengan desa memudahkan warga bisa menjangkaunya dengan cepat,” tuturnya. 

Meski layanan Pertashop ini sudah sesuai standart dengan SPBU Pertamina pada umumnya. Lanjut Sulkani, namun mesin print out nota setidaknya harus tersedia. “Sebab hal itu akan menambah kepercayaan konsumen. Sehingga ada nilai poin tersendiri,” jelasnya.

Sementara itu, Sales Price Manager Pertamina Jateng-DIY untuk Area Kendal-Batang Wahyu Purwatmo Budiutomo mengatakan Pertashop merupakan program kemitraan pertamina dan desa yang sudah disampaikan melalui Kemendagri. 

“Untuk harga, kualitas dan takaran sesuai dengan SPBU Pertamina. Selain itu, pasokan BBM juga dilakukan dengan menggunakan kendaraan truk tanki khusus milik Pertamina,” katanya dia. 

Menanggapi usulan Camat Plantungan terkait print out pada mesin Pertashop. Pihaknya menyambut baik dan akan ditindaklanjuti secepatnya, sebab ini baru design pertama dan dilakukan pihak manufacture. “Iya saya rasa itu saran usulan yang baik. Semoga pada program berikutnya akan kita tingkatkan lagi,” timpalnya. 

Diketahui, program kemitraan Pertashop di wilayah Kabupaten Kendal sendiri hingga saat ini yang sudah ada yakni hanya di Kecamatan Singorojo Desa Singorojo serta di Kecamatan Plantungan Desa Wanadadi. (Dye)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini