Petahana Mirna Annisa Ungguli Bacabup/bacawabup Pilkada Serentak 2020 Mendatang, Inilah Hasil Survei Indo Margin

Kendal (Sigi Jateng) – Dalam hasil survei yang dilakukan Indo Margin sebagai sebuah lembaga survei dan riset publik selama dibulan Juni, petahana Kendal Bupati dr Mirna Annisa mengungguli dan berada di tingkat teratas diantara bacabup maupun bacawabup lainnya. 

Hal itu disampaikan Direktur Eksekutif Lembaga Survei dan Riset Indo Margin, Susanto bersama sejumlah stafnya dalam sebuah konferensi pers yang digelar di Kaliwungu Kendal, pada Jumat (3/7/2020) siang.

Direktur Eksekutif Lembaga Survei dan Riset Indo Margin, Susanto bersama sejumlah stafnya dalam sebuah konferensi pers yang digelar di Kaliwungu Kendal, pada Jumat (4/7/2020).
Direktur Eksekutif Lembaga Survei dan Riset Indo Margin, Susanto bersama sejumlah stafnya dalam sebuah konferensi pers yang digelar di Kaliwungu Kendal, pada Jumat (3/7/2020).

Dihadapan sejumlah awak media, dia mengatakan survei tersebut dilakukan selama dua hari sejak tanggal 27 Juni hingga 29 Juni 2020 dengan sampel di 20 kecamatan dan 83 desa.

Tujuan dari survei tersebut, kata Susanto, yakni untuk melihat dinamika sosial politik masyarakat Kendal dalam menghadapi Pilkada serentak 2020. 

“Dari sebanyak 778,630 warga Kendal yang memiliki hak suara, kita ambil 482 responden. Dimana mereka sudah berusia 17 tahun atau lebih atau sudah menikah ketika survei dilakukan. Hal itu juga berdasarkan margin eror 3,7 persen,” kata dia.

Diungkapkan, dalam survei yang dia dilakukan sejumlah pertanyaan yang diajukan jika Pemilihan Bupati Kendal dilaksanakan pada hari ini, muncul hasil responden bervariasi. Nama yang disodorkan kepada para responden yakni Mirna Annisa mendapat 27,9%, Tino Indra Wardoyo 22,2%, Falah Widya Yoga 11,9%, dan Windu Suko Basuki sebanyak8,1%.

“Sedangkan nama lain yang muncul antara lain Ali Nurudin 6,7%, Prapto Utono 1%, Dico M Ganinduto 0,2%. Sementara responden yang belum menentukan pilihan ada 19,5% dan merahasiakan pilihannya 1,9% dan akan memilih calon dari PDI Perjuangan sebanyak 0,6%,” beber Susanto.

Lebih lanjut, ia menambahkan, bahwa dari hasil survei disebutkan 52,1% cukup puas dengan pemerintah saat ini dan 42,5% tidak puas. Pembangunan infrastruktur merupakan program yang dianggap paling dirasakan masyarakat. 

“Dalam survei ini, kepada bupati terpilih masyarakat berharap dan menginginkan kedepan ada program peningkatan ekonomi kerakyatan seperti pengembangan UMKM dan pembukaan lapangan kerja pada bupati mendatang,” imbuhnya.

Diketahui, selain di Kendal Indo Margin juga melakukan penelitian di Kabupaten Blora dan Malang untuk Pilkada 2020 mendatang. Survei itu nantinya akan dilakukan kembali paska penetapan calon oleh KPU, saat kampanye dan menjelang pencoblosan. (Dye)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini