Hati-Hati Cuaca Ekstreme, Ini Laporan BMKG Ahmad Yani Semarang

Achadi Subarkah Raharjo, Kepala BMKG Ahmad Yani Semarang. (Dok.)

SEMARANG (Sigi Jateng) – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Ahmad Yani Semarang memprakirakan dalam periode tiga hari ke depan, 15 hingga 17 Desember 2020, potensi cuaca ekstrem dan curah hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai kilatan petir dan angin kencang berpotensi terjadi di beberapa wilayah Jawa Tengah.

Achadi Subarkah Raharjo, Kepala BMKG Ahmad Yani Semarang mengatakan berdasarkan analisis kondisi dinamika atmosfer menunjukkan masih adanya shear line (belokan angin) dan konvergensi serta posisi MJO di maritim kontinen (Kuadran 5) yang masih berkontribusi terhadap proses pembentukan awan hujan di wilayah Jawa Tengah.

“Selain itu beberapa hari kedepan potensi masa udara yang labil serta kelembapan udara yang cukup tinggi dari lapisan bawah hingga lapisan atas,” ucapnya pada Senin (14/12/2020).

Beberapa daerah di Jawa Tengah yang disebut oleh Achadi berpotensi cuaca ekstreme antara lain Brebes, Tegal, Pemalang, Pekalongan, Batang, Kendal, Cilacap, Banyumas, Kebumen, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Temanggung, Magelang, Semarang, Anbarawa, Salatiga, Wonogiri, Klaten, Boyolali, Sukoharjo, Karanganyar, Sragen, Purworejo, Surakarta, Demak, Pati, Jepara, Rembang, Kudus, Purwodadi, Blora, Cepu dan sekitarnya.

Masyarakat dihimbau oleh Achadi agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem antara lain puting beliung, hujan lebat disertai kilat dab petir, hujan es, dan lain-lain.

“Dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin,” pungkas Achadi.

Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, BMKG Ahmad Yani Semarang membuka layanan informasi cuaca 24 jam, yaitu melalui:

  • follow twitter @cuacajateng;
  • IG : @cuaca_jateng
  • Facebook: Stasiun meteorologi ahmad yani semarang
  • aplikasi iOS dan android “Info BMKG”. (Mushonifin)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini