Bambang Supriyono Fokus Kenalkan Museum kepada Milenial

Plt. Kepala Museum Ranggawarsita, Bambang Supriyono

SIGIJATENG.ID, Semarang – Plt. Kepala Museum Ranggawarsita, Bambang Supriyono ajak generasi milenial untuk mengenal museum sebagai tempat yang penting serta menyenangkan untuk dikunjungi.

“Selama ini, museum rata-rata diasosiasikan dengan tempat penyimpanan benda benda kuno. Padahal, benda boleh kuno tetapi pengetahuan tentang benda itu gak boleh kuno,” paparnya saat diwawancara pada (18/05/19) sore.

Ia melanjutkan, Museum harus seperti itu, harus mampu melayani generasi milenial yang sudah serba praktis, harus mampu berinovasi.

Bambang mengatakan, bagi siswa sebelum lulus setidaknya ada dua kegiatan yang harus dilakukan. Pertama, pernah berkunjung ke museum dan melaporkan hasil kunjungannya. Kedua, harus menulis tentang napak tilas sejarah. 

“Sebab pelajaran sejarah jika tidak dibumikan maka akan dilupakan. Bahkan, untuk membangun sebuah negara harus tahu historis masa lampau dan kondisi sekarang negara tersebut,” tuturnya.

Ia mewanti generasi muda agar selalu mencintai negara dan memahami sejarah bangsanya. Sebab, hal itu menjadi spirit berlangsungnya sebuah bangsa.

“Ada 3 hal negara bisa hancur. Pertama, generasi muda dipisahkan dari sejarah bangsanya. Kedua, dipisahkan dari budaya tradisi. Ketiga, tidak ada pembelajaran yang mengarah ke sana,” tegasnya.

Maka dirinya saat ini berusaha untuk memasukkan pengetahuan tentang permuseuman dalam bentuk suplemen di sekolah. Bisa dalam pelajaran yang berkaitan, seperti sejarah, sosiologi, dan antroplologi.

“Itu penting bagaimana menciptakan pengetahuan dan pemahaman dunia permuseuman yang baik,” jelasnya.

Berikutnya, ia bakal berkunjung dan bekerjasama dengan lembaga pemerintah contoh Dinas Pariwisata dan Dinas Biro Kerjasama. Hal itu, baginya akan banyak memberikan kontribusi positif.

Untuk lebih menarik milenial agar berkunjung ke museum, tata penyimpanan benda akan diubah. pengelompokan benda akan dibuat semudah mungkin agar pengunjung tidak kesulitan menemukan dan meneliti benda yang dicari.

Selain itu, pihak museum juga akan membuat spot selfi yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung terutama kaum milenial untuk berswa foto. Dengan membuat program bagus dan kekinian, Bambang yakin, pengunjung Museum Ranggawarsita akan terus meningkat dari tahun ke tahun. (Taufiq)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini