Anggota Babinsa Senang Dapat Pelajaran Jurnalistik

Wartawan Unit Kodam, Chandra AN memberikan materi kiat memotret menggunakan telepon seluler.

SIGIJATENG.ID, Semarang – Dalam pembekalan jurnalistik kepada Babinsa, Kodim 0733 BS Semarang menggandeng wartawan untuk memberikan pengetahuan dasar tentang jurnalistik dan dunia kewartawanan. Penyampaian materi dilakukan oleh Chandra AN, Ketua Wartawan Unit Kodam IV Diponegoro. Kamis (18/10/2018).

Dalam pelatihan ini para Babinsa  juga mendapatkan teori dan praktik menulis berita atau menyampaikan informasi melalui media sosial.

“Kami memberikan pembekalan jurnalistik agar para Babinsa menyadari apa fungsi pers atau jurnalis. Selain itu juga kami ajarkan teknis menulis dan mengenali berita itu mengandung HOAX atau fakta,” jelas Chandra AN.

Pelatihan ini disambut baik oleh para babinsa yang hadir. Salah satunya adalah Sersan Satu Bibir Ani Asmoro, anggota Koramil 13 Semarang Selatan yang mengaku jadi tahu teknik dan kiat menyajikan informasi sesuai kaidah jurnalistik.

 “Ternyata ada cara dan teorinya. Saya baru tahu ada rumus 5W+1H yang membuat berita itu bisa diyakini kebenarannya,” ujar Bibit Ani Asmoro.

Selain materi jurnalistik, peserta pelatihan juga diajarkan akan teknik pengambilan foto dengan smartphone. 

Dandim 0733 BS Semarang Kolonel Inf M Taufiq Zega berharap pelatihan ini dapat memperkuat informasi tentang kesatuannya. Sehingga masyarakat lebih paham akan tugas dan fungsi TNI.

“Pengetahuan jurnalistik bagi para Babinsa kami harapkan bisa mendukung kemampuan menulis untuk menginformasikan segala kegiatan keteritorialan Komando kewilayah agar memberi manfaat bagi masyarakat dan satuan,” harap Kolonel Inf M Taufiq Zega. (rafif/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here