PON XXI Akan Dibuka Presiden Jokowi di Aceh Malam Ini dengan Meriah dan Spektakuler

0
8
Suasana gladi bersih persiapan pembukaan PON XXI Aceh – Sumut tahun 2024, di di Stadion Harapan Bangsa (SHB) Banda Aceh, Minggu (8/9/2024). ( foto kemenpora.go.id)

BAND ACEH (sigijateng.id) – Ajang olahraga nasional empat tahunan, yakni Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 akan dibuka Senin (9/9/2024) malam oleh Presiden RI Jokowi di Stadion Harapan Bangsa (SHB) Banda Aceh.

Panitia memastikan semuanya sudah siap 100 persen setelah Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo meninjau langsung gladi bersih pembukaan di di Stadion Harapan Bangsa (SHB), Minggu (8/9/2024) malam.

Kedatangan Menpora RI adalah memastikan pembukaan PON XXI Aceh-Sumut 2024 berjalan lancar.

Menpora Dito datang ke lokasi sekitar pukul 20.00 WIB. Titik pertama yang dilihat adalah memasuki tribun VVIP yang berada di posisi barat stadion. Menpora melihat-lihat langsung gladi bersih yang akan disiapkan untuk pembukaan yang rencananya akan dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo.

“Saya melihat langsung proses gladi bersih final malam ini untuk memastikan persiapan opening ceremony yang akan dilakukan besok malam yang akan dihadiri dan dibuka Presiden Joko Widodo,” ujar Menpora Dito.

Pembukaan PON didesain dengan meriah dan spektakuler dengan melibatkan ribuan talent atau pengisi acara, yang hampir semuanya adalah pekerja seni dan anak-anak muda Aceh.

Tarian Saman dan Ratoh Jaroe massal akan menjadi puncak acara pembukaan dengan iringan musik karya komposer Andi Rianto dan Koreografer Jay Subiakto. Selain itu juga ada penampilan kolosal tentang kisah heroik Laksamana Malahayati, yang akan diperankan oleh ribuan oleh anak-anak Aceh.

Tak hanya seni tradisi, artis papan atas Indonesia yang berdarah Aceh juga ikut dilibatkan dalam pembukaan itu, yaitu Nabila Taqiyyah. Selain itu juga ada penampilan musisi tanah air Tiara Andini.

Menpora Dito sendiri sangat antusias melihat semangat para penari yang menjadi bagian untuk pembukaan PON XXI Aceh-Sumut 2024. Bahkan, Menpora Dito turun langsung ke lapangan dengan memberikan semangat kepada para penari usai menjalani gladi bersih.

“Sebagai Menpora saya sangat bangga dan memberikan apresiasi kepada adik-adik semua yang bisa menjadi bagian sejarah dalam pembukaan PON XXI Aceh-Sumut 2024. Saya harap adik-adik semua menjaga kondisi dengan baik agar bisa tampil maksimal di acara pembukaan besok yang disaksikan langsung oleh Presiden Jokowi,” kata Menpora Dito.

Sumut

Opening PON XXI Aceh-Sumatera Utara 2024 memang dilakukan di Aceh. Tapi, masyarakat Sumatera Utara tetap bisa menikmati acara yang digelar Senin (9/9/2024) malam ini. Sebab, di Sumatera Utara juga turut melakukan opening yang ditempatkan di Stadion Baharoeddin Siregar, Lubuk Pakam.

Panitia Besar (PB) PON XXI Wilayah Sumatera Utara telah menyediakan tiket yang bisa didapatkan secara gratis di website pon2024.id. Dan bagi anggota masyarakat yang sudah “membeli” e-ticket lewat website tersebut, dipersilakan untuk menukarkannya di area Stadion Baharoeddin Siregar sebelum masuk ke dalam stadion.

Penukaran tiket sudah bisa dilakukan Senin pagi ini mulai pukul 10.00 WIB. Nantinya e-ticket yang Anda tukarkan akan diganti dengan tiket gelang oleh petugas. Jadi tunggu apalagi. Silakan tukarkan e-ticket Anda untuk bisa menikmati opening PON XXI di Stadion Baharoeddin Siregar, Senin malam ini.

Pada ajang PON XXI Jateng mengirim sebanyak 758 atlet dan ofisial. Jika ditotal beserta tim pendukung, jumlah kontingen Jateng yang akan diberangkatkan sejumlah 1.141 orang.

Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana meminta agar para atlet bermain maksimal menunjukkan kemampuannya. Untuk menambah semangat para atlet, Nana bakal memberi bonus hingga 360 juta untuk medali emas.

“Kita mengirim 758 atlet dan ofisial yang akan tampil turun di 60 cabang olahraga (cabor). Kita ingin prestasi Jateng harus lebih baik dibanding PON XX di Papua 2021 silam, yang saat itu berada pada posisi enam. Untuk target jumlah medali PON XXI ini adalah 50 emas,” kata dia. (aris)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini