Pilkada 2024 : PKS-Partai Golkar Kendal Membangun Koalisi, Sepakat Usung Calon Bupati

Silaturahim dan halal bi halal DPD PKS dan DPD Partai Golkar, Rabu (8/5). Foto : Istimewa

Kendal (sigijateng.id) – Sama-sama memiliki perolehan suara yang naik siginifikan dan jumlah angka yang berbeda pada gelaran Pileg 2024, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kendal bersama Partai Golkar sepakat mengusung calon bupati pada Pilkada 2024 mendatang.

Padahal, diketahui sebelumnya pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 kedua partai politik tersebut berbeda calon presiden yang diusungnya. Perolehan suara Partai Golkar naik secara signifikan dari 3 menjadi 8 dan PKS dari 2 menjadi 4.

Kini, keduanya bersinergi dan membangun koalisi bersama menghadapi pesta demokrasi pemilihan bupati (Pilbup) Kendal November 2024.

Kedua partai politik ini memenuhi syarat untuk bisa mengusung calon bupati setelah PKS dan Partai Golkar menambah jumlah kursi di DPRD Kendal.

Hal itu terungkap saat acara silaturahim dan halal bihalal jajaran DPD PKS Kendal dan DPD Partai Golkar yang digelar pada Rabu 8 Mei 2024 kemarin. Kegiatan tersebut, merupakan langkah awal untuk membangun koalisi.

Silaturahim dan halal bi halal DPD PKS dan DPD Partai Golkar, Rabu (8/5). Foto : Istimewa

“Silaturahim ini perlu dibiasakan karena merupakan hal yang baik. Apalagi selama 4 tahun bersama dalam membangun Kendal dalam koalisi pemerintahan di Kendal,” kata Ketua DPD PKS Kendal, Sulistiyo Ariwibowo saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon.

Dikatakan, kegiatan silaturahim dan halal bi halal ini bisa membangun kebersamaan dan saling evaluasi untuk memperbaiki Kabupaten Kendal ke depan menjadi lebih maju dan baik lagi.

Meskipun PKS dan Partai Golkar beda mengusung calon presiden tetapi di daerah menyebutnya politik kedaerahan.

“Kalau dijumlah kursi PKS dan Golkar sudah 12 kursi, sehingga cukup untuk berkoalisi mengusung bakal calon bupati sendiri,” imbuhnya.

Dengan demikian, kata anggota DPRD Kendal ini, kedepan kebersamaan yang sudah terbangun dengan baik bisa tetap berlanjut selama dalam visi yang sama memajukan Kendal.

Sementara itu, Ketua DPD Golkar Bagus Bimo Alit menyampaikan bahwa silaturahim ini  merupakan rangkaian silaturahim ke partai partai. “Sesuai arahan dari pengurus DPD I Golkar, bahwa perlu ada tindak lanjut silaturahim antara pengurus daerah Golkar dan PKS,” ujarnya.

Sedangkan Ketua Harian DPD Partai Golkar Muhammad Tommy Fadlurohman  menyampaikan bahwa moment kebersamaan ini diusahakan tetap berlanjut. “Tidak cuma di momen pilkada, tetapi di berbagai kegiatan,” ungkapnya.

Hadir pada acara silaturahim dan halal bi halal itu, jajaran DPD PKS Kendal yakni Rubiyanto, Sulistyo Aribowo, Muh Arif Sapto Hudiyanto, Nur Selani, M Ali Maftuhin beserta jajaran Bidang Keperempuan PKS. Lalu jajaran DPD Partai Golkar dihadiri Bagus Bimo Alit, Dedy Ashari, Muh Tommy Fadlurohman dan Tardi selaku Ketua Dewan Penasehat Partai Golkar. (Red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini