Pembayaran Elektronik hingga Internet Desa, Inovasi Jateng untuk Efektifkan Pelayanan Publik

JAKARTA (sigijateng.id) – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah terus berupaya mendorong percepatan transformasi digital. Komitmen itu ditunjukkan dengan beragam inovasi digital yang diterapkan di lingkungan Provinsi Jawa Tengah.

Sekretaris Daerah Jateng, Sumarno memaparkan, di era sekarang, penggunaan teknologi menjadi penting guna mewujudkan pelayanan publik yang efektif. Provinsi Jawa Tengah pun telah memiliki Peta Rencana Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.

“Tujuannya sebagai pedoman untuk organisasi pemerintah di lingkungan Provinsi Jawa Tengah, untuk mendorong percepatan transformasi digital,” Kata Sumarno, didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Jateng Riena Retnaningrum, saat menghadiri Penilaian Askompsi Digital Leadership Goverment Awards 2024, di Double Tree by Hilton Hotel Jakarta Pusat, Kamis (27/6/2024).

Dalam acara tersebut, Sumarno memaparkan sejumlah inovasi yang diterapkan di Pemprov Jateng, antara lain penggunaan Tata-Praja untuk mempermudah persuratan, pemanfaatan Pusat Data Provinsi Jawa Tengah, e-Monev, Blangkon Jateng, Internet Desa.

“Percepatan transformasi digital juga penting bagi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Oleh karena itu kami hadir melalui Program Internet Desa, yang harapannya dapat digunakan untuk lebih meningkatkan komunikasi dan promosi pariwisata maupun UMKM yang ada di Jateng,” tuturnya.

Selain itu, Sekda juga memaparkan, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah telah meluncurkan Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD) sebagai tindak lanjut digitalisasi sistem pembayaran atas belanja, yang dibebankan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Menurutnya, pembayaran elektronik memiliki akuntabilitas yang tinggi.

Tenaga Ahli Utama Mendagri, Dr Suhajar Diantoro mengungkapkan, terdapat tiga kunci keberhasilan digitalisasi di daerah. Pertama, kemauan dan kemampuan kepala daerah beserta jajarannya, infrastruktur dan jaringan, serta partisipasi masyarakat.

“Kepala daerah dan jajarannya harus menganggap percepatan digitalisasi ini, sebagai salah satu prioritas daerah untuk mendorong pembangunan. Dengan menggunakan teknologi, pemerintahan kita harus diubah menjadi organisasi pelayanan publik yang efektif,” ujarnya.

Sebagai informasi, Askompsi Digital Leadership Goverment Awards 2024 merupakan wujud apresiasi terhadap leadership Sekretaris Daerah Berkinerja Digital. Hal ini sebagai bentuk dukungan terhadap penerapan Perpres Nomor 82 Tahun 2023 tentang percepatan Transformasi Digital dan Keterpaduan Layanan Digital.

Terdapat sembilan pemerintah daerah yang hadir dan mengikuti Penilaian Askompsi Digital Leadership Goverment Awards 2024, yakni Provinsi Jawa Tengah, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Provinsi Lampung, Kota Mojokerto, Kota Cimahi, Kota Balikpapan, Kabupaten Gresik, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Pekalongan. (aris)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini