Masuk Bulan Dzulhijjah, Ini Pesan Indah dari Masjid Amir Ahmad di Rusaifah Mekah

Suasana Sholat Jumat di Majid Amir Ahmad yang berada di Rusaifah Mekah, Jumat (7/6/20204). ( foto dok gus abdar)

SIGIJATENG.ID – Hari Jumat (7/6/2024) kepadatan di kota Mekah Al Mukaromah luar biasa. Di Mekah, hari Jumat (7/6/2024) sudah masuk tanggal 1 Dzulhijjah 1445. Beda dengan di Indonesia, tanggal 1 Dzulhijjah jatuh hari Sabtu (8/6/2024). Dengan demikian, maka puncak haji dimana Jemaah haji berada di Arafah, yang bertepatan dengan tanggal 9 Dzulhijjah, jatuh pada Sabtu (15/6/2024).

KH Abdullah Haidar akrab disapa Gus Abdar, pengasuh Pondok Pesantren Al Amanah Desa Weding Kecamatan Bonang Kabupaten Demak yang saat ini sedang berada di Kota Suci Mekah menunaikan iabdah haji menginfomasikan, Jumat sudah masuk Dzulhijjah 1445, itu artinya sudah mendekati puncak ibadah  haji.

“Keramaian di kota Mekah dan masjid sudah sangat luar biasa,” kata  Gus Abdar melalui sambungan watshapp.

Dikatakan dia, untuk datang ke Masjdul Haram jemaah harus berangkat tiga jam lebih awal, atau sekitar pukul 09.00 waktu setempat, agar bisa masuk dan mendapatkan tempat di dalam Masjidil Haram.

Majid Amir Ahmad yang berada di Rusaifah Mekah, Jumat (7/6/20204). ( foto dok gus abdar)

Tidak hanya Masjidil Haram yang penuh Jemaah, hampir semua masjid di sekitar Masjidil Haram juga dipenuhi jamaah haji.

“Saya sholat jumat di Majid Amir Ahmad yang berada di Rusaifah  dekat dengan stasiun kereta api cepat kota suci Mekah. Juga penuh oleh warga sekitar  dan jamah haji,” terang Abdar.

Gus Abdar menambahkan, di Majid Amir Ahmad Khotib menyampaikan pesan pesan indah untuk jamaah haji.

Dalam khotbah pertama menyampaikan tentang kelebihan 10 hari pertama bulan Dzulhijjah.

Khotib berpesan kepada jamaah untuk memanfaatkankan dengan baik karena selain fadhilah 10 hari pertama Dzulhijjah juga keutamaan tempat yaitu d tanah haram Mekah.

Jemaah haji agar memrperbanyak amal ibadah seperti puasa, membaca Al Qur’an,  bersedekah berquban dan sebagainya.

Dalam khotbah ke duanya khotib menyampaikan beberapa pesan kepada jamaah haji. Pesannya antara lain agar menjaga kesehatan, menjaga makanan, menjaga dari dari berdesak desakan, tidak menganggu ketertiban umum seperti duduk di jalan jalur jamaah haji, jemaah haji agar menyiapkan obat obatan yang diperlukan, serta agar menyiapkan payung karena saat ini mekah musim panas.

“Suhu cukup panas dan akan terus meningkat mendekati punvcak haji,” kata Gus Abdar yang dalam kesempatan didampingi Ustad Abmad Suhaibi salah satu staf PT Waskita, yang berada di kota Mekah.

Khotbah ditutup dengan mendoakan semua jamaah, smeoga dalam keadaan sehat dan diberi kelancaran dalam melaksanakan ibadah haji dan pulang ke tanah air dengan predikat haji yang mabrur. (aris)

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini