Majlis Dzikir dan Doa Bersama di Subhani Mekah Dihadiri Jemaah Haji dan Pengurus BAZNAS Pusat

Foto bersama setelah acara majlis dzikir dan doan bersama selesai.

SIGIJATENG.ID – Digelar majlis dzikir dan doa bersama yang diikkuti oleh puluhan Jemaah haji Idonesia, Malaysia dan beberapa negeri lainnya di Subhani Mekah, Rabu (19/6/2024).

Kegiatan dzikir bersama digelar setelah puncak haji tersebut juga dihadiri oleh beberapa pengurus BASNAS Pusat.  Antara lain Muhammad Mahdum ( wakil ketua), Nadhruzzaman ( pimpinam bidang informasi dan teknologi) dan Ahmad Sudrajat ( pimpinan bidang Koordinasi Nasional). Mereka mengikuti acara tersut dengan khusuk dari awal hingga akhir.

KH Abdullah Haidar pengasuh Ponpes Al Amanah Weding Bonang Demak yang hadir dalam kesempatan itu memberikan infromasi kalau acara ini belum banyak dihadiri oleh jamaah haji. Jumlah yang hadir tidak sebanyak biasanya.  Karena saat itu, jemaah haji masih banyak yang istirahat sepulang dari Mina dan juga fokus untuk melaksanakan prosesi haji, yakni melakasanakan tawaf ifadhoh dan sai.

“Alhamdulillah saya bisa hadir dan mengajak beberapa jemaaah haji dari kloter kab Demak,” kata pria yang akrab disapa Gus Abdar ini.

Acara majlis dzkir dan doa bersama dimulai menjelang asar, yaitu dengan mendengarkan hadits musalsal dari Sohibul Majlis Syeh Mahmud Siraj. Hadits musalsal adalah hadits yang perawinya saling bersambung satu dengan yang lain.

Gus Abdar bersama pimpina Baznas pusat.

Dikatakan Gus Abdar, pada kesempatan ini disampaikan hadis musalsal bil Awwaliyah, musalsal bil Mahabbah dan musalsal Bissubhah.

Hadis musalsal bil Awwaliyah adalah hadis yang setiap perowinya mengatakan hadits yang pertama kali didengar dari gurunya .

Musalsal bil Mahabbah adalah hadits yang setiap perawinya mengatakan pesan mahabbah dan bacaan doa setelah Solat .

Sedangkan musalsal Bissubhah adalah hadits yang setiap perawinya meriwayatkan cara menggunakan tasbih .

Kemudian, setalah Magrb dilanjutakn pembacan solawat dan dzikir bersama sampai dengan Isak. Usai shalat Isak dlanjutkan pembacaar Rotibu Haddad, kemudian pembacaan Al quran 30 juz dengan pebagian tiap peserta yang hadir satu juz. Acara dilanjutkan dengan pembacaan Burdah dipimpin langsung oleh Syeh Mahmud Siraj kemudian dilanjut dengan berdoa. Acara ditutup dengan makan bersama serta ramah tamah .

Dalam kesempatan ini, Sohibul Majlis Syeh Mahmud Siraj menyampaikan ucapa beribu-ribu terimakasih atas kehadiran para jamaah haji baik dari Indonesia, Malaysia dan yang lainnya yang telah hadir di majlis ini.

“Mari memohon kepada Allah, agar amal ibadah kita diterima Allah dan haji kita menjadi haji yang mabrur dan kelak dikumpulkan di surga,” kata Syeh Mahmud Siraj. (aris)

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini