Limbah Tumpukan Kayu PT Sidomuncul di Kaliwungu Terbakar, Ternyata Ini Penyebabnya

Terlihat api membakar tumpukan limbah di kawasan PT Sidomuncul Kaliwungu Senin 15 Juli 2024. Foto: Istimewa

Kendal (sigijateng.id) – Peristiwa kebakaran melanda kawasan PT Sidomuncul di Kaliwungu Kendal. Sejumlah pekerja yang sedang melakukan pemotongan besi limbah di kawasan tersebut panik. Sebab percikan api dari las besi menyambar tumpukan kayu dan terjadi kebakaran.

Hembusan angin yang begitu kencang, memudahkan dua titik api menyala hingga membesar dan membakar limbah kayu. Para pekerja dan petugas keamanan kewalahan memadamkan api sehingga meminta bantuan pemadam kebakaran untuk melakukan pemadaman.

Setidaknya tiga mobil pemdam kebakaran dikerahkan ke lokasi kebakaran, dan memadamkan api yang sudah menghanguskan sejumlah material limbah.

Saat dimintai konfirmasi, Kapolsek Kaliwungu AKP Edi Sukamto Nyoto membenarkan kebakaran yang terjadi kawasan pabrik tersebut.

“Memang benar sekitar pukul 10.00 WIB ada kebakaran di PT Sidomuncul Desa Nolokerto Kaliwungu. Penyebabnya dari percikan api pekerja las yang memotong limbah besi,” kata AKP Edi melalui sambungan telepon, Senin 15 juli 2024.

Ia menjelaskan, sekitar pukul 09.50 Wib pegawai harian atau tukang pemotong besi limbah melaksanakan pemotongan besi dengan menggunakan las. Kemdian terjadi percikan api yang menyambar potongan triplek sehingga menyebabkan kebakaran.

“Kemudian petugas keamanan menelpon petugas Damkar dan dikerahkan 3 mobil damkar untuk memadamkan api,” terangnya.

Selang 2 jam melakukan pemadaman, api berhasil dipadamkan dan kerugian materi diperkirakan mencapai Rp. 10 juta. Polisi masih melakukan pemeriksaan dan meminta keterangan pekerja harian serta petugas keamanan untuk mengetahui penyebab pasti kebakaran tersebut. (Red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini