Kembangkan UMKM Desa, Mahasiswa KKN Posko 64 Bantu Buatkan Logo Brand Produk Catering Warga

Divisi Kewirausahaan Berdiskusi dengan Pemilik UMKM di Desa Gebang

SIGIJATENG.ID – Mahasiswa KKN UIN Walisongo Posko 64 yang berlokasi di Desa Gebang Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal Melakukan Door to Door pengembangan UMKM yang kedua kalinya kepada para pelaku UMKM, tepatnya di dusun Gebang Utara.

Sesuai dengan pembagian tugas dan timeline kegiatan di posko 64, pengembangan UMKM dilaksanakan oleh divisi Kewirausahaan pada Selasa (16/7/2024).

Salah Satu pelaku UMKM yang kami datangi yaitu Retno, seorang pelaku usaha UMKM catering yang bersedia menerima berbagai macam pesanan seperti nasi tumpeng, catering untuk acara sunatan, snack ringan, makan besar, dll.

Menurut sejarahnya, Catering ini berdiri sejak tahun 1994. “Awalnya usaha ini kecil-kecilan turunan dari keluarga, saya hanya menyalurkan hobi saja” tutur Retno.

Setelah berbincang-bincang dengan Retno selaku pemilik UMKM, ternyata usaha catering milik Ibu Retno belum memiliki Logo dikarenakan beliau masih sibuk dalam proses perizinan usaha. Sementara itu, Ibu Retno belum berani untuk mendaftarkan tempat usahanya di Google Maps dikarenakan beliau masih memiliki pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan.

“Catering ini belum ada logonya karena saya masih mengurus perizinan usaha, karena perizinan ini agak sedikit ribet, saya belum sempat untuk mengurusnya” tutur Ibu Retno.

Untuk pembuatan google maps, Retno mengaku belum berani karena takut kewalahan dalam menerima orderan.

“Catering ini saya hanya update status di WA, belum ada 1 jam udah habis” pungkas Retno.

Setelah berdiskusi, KKN UIN Walisongo Posko 64 Divisi Kewirausahaan membantu untuk pembuatan logo catering.

Dalam proses pembuatan logo ini divisi kewirausahaan berkolaborasi dengan divisi kominfo. Pembuatan logo ini bertujuan agar catering ini mempunyai identitas untuk dikenal banyak orang. (tim posko 64/*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini