Harlah, Formakip UIN Walisongo Gelar Workshop Personal Branding Hadirkan Bupati Kendal Dico

Dico M.Ganundito,B.Sc. Bupati Kendal Berfoto bersama usai Mengisi materi dalam workshop personal branding

SEMARANG (sigijateng.id) – Forum Mahasiswa KIP-K (Formakip) UIN Walisongo Semarang menggelar acara Opening Ceremony Workshop Personal Branding dengan tema ” Satu dekade bersinergi, perkuat organisasi, menuju generasi emas berprestasi” yang diselenggarakan kemarin (13/5/2024) di Ruang Teater IsDB FITK.

Acara ini merupakan pembukaan serangkaian acara dalam peringatan hari lahir Formakip yang ke 1 dekade. Acara ini dibuka dengan pemukulan gong oleh Bu Dr. Ervin Tri Suryandari S.Si., M.Si selaku wakil dekan 3 Fakultas Sains dan Teknologi didampingi oleh Bagus Darmawan ketua panitia dan Miftahul Ikhsan Ketua Formakip UIN Walisongo. Pemateri dalam workshop personal branding adalah Alifa Nur Fitri,M.I.Kom. Dosen Public Relations UIN Walisongo dan Dico M.Ganundito,B.Sc. Bupati Kendal periode 2021-2025.

Bagus Dermawan selaku ketua panitia mengharapkan agar peserta workshop hari ini dapat mengikuti proses acara sekaligus memperhatikan setiap materi yang di berikan oleh pemateri. Senada dengan itu Miftahul Ikhsan juga berharap agar peserta bersikap baik, tertib agar acaraa tersebut dapat berjalaan dengan lancar.

Sementara itu, Dr. Ervin Tri Suryandari, memberikan sambutan akan pentingnya personal branding dalam peningkatan, pemahaman dan keterampilan mahasiswa dalam membangun citra diri yang positif dan profesional.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan softskill peserta, meningkatkan motivasi peserta dalam meningkatkan kapasitas diri dan prestasi, mampu merancang komunikasi yang baik dalam aspek verbal dan non verbal dalam beberapa aspek (akademik dan non akademik), Terciptanya sumberdaya manusia yang berkualitas dan memiliki daya saing global di Era 5.0.

Alifa Nur Fitri,M.I.Kom. menyampaikan pentingnya personal branding bagi mahasiswa. Terlebih sedang ramai dibicarakan tentang mahasiswa KIP-K, maka penting bagi mahasiswa melakukan counter dengan menyampaikan prestasi yang diraih.

“organisasi itu sangat penting, karena dari situlah kita dapat mengembangkan diri agar dapat mengukur sejauh mana kemampuan kita untuk membranding diri”. Ujarnya.

Disampaikan pula tentang membangun, menjaga sebuah organisasi dan publik. Diantara adalah komunikasi ekternal, yakni menyampaikan informasi, penyusunan strategi, krisis management, stakeholder engagesment, mengatur cara, serta analisa serta evaluasi.

Acara ini juga menghadirka Bupati Kendal yakni Dico M. Ganinduto, B.Sc, yang menyampaikan bahwa Personal branding adalah proses membangun citra unik dan meyakinkan dengan menggabungkan keterampilan, pengalaman, nilai, kepribadian, dan cerita hidup. Tujuannya adalah menciptakan kesan positif di mata orang lain.

” Membangun generasi emas melalui personal branding diantaranya yaitu bangun jaringan dan identitas diri , Kembangkan Proposisi nilai unik (UVP) melalui Program Kepemudaan, dan Pantau serta Evaluasi Potensi diri melalui Media Sosial”, ujarnya.

Beliau juga mengungkapkan apresiasinya terhadap antusiasme para mahasiswa dalam mengikuti acara ini.

Para peserta nampak antusias dan siap mengikuti seluruh rangkaian acara yang telah disiapkan. Mereka berharap dapat mendapatkan wawasan dan keterampilan baru yang bermanfaat untuk mengembangkan diri dan mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja yang kompetitif.

Dengan adanya workshop ini, diharapkan para mahasiswa dapat lebih memahami pentingnya personal branding dalam mencapai kesuksesan karir, serta mampu mengaplikasikan konsep-konsep yang dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. Semoga workshop ini menjadi awal yang baik bagi para mahasiswa dalam membangun masa depan. (Rizal)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini