Dosen USM Ajarkan Cara Atasi Nervous dalam Pelatihan Public Speaking di Desa Wisata Kampoeng Durenan

SEMARANG (sigijateng.id)  – Dosen Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Semarang (USM), Ayang Fitriyanti MIKom, memberikan pelatihan public speaking yang menekankan cara mengatasi rasa gugup dan cemas saat berbicara di depan umum kepada warga Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di Desa Wisata Kampoeng Duren, Kelurahan Mangunharjo.

Lebih lanjut, pelatihan ini merupakan bagian dari program Pengabdian kepada Masyarakat oleh dosen Jurusan Ilmu Komunikasi USM, sebagai wujud implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi, pada Rabu, 5 Juni 2024.

Adapun Tim pengabdi terdiri dari Hilda Rahmah MA, Citra Safira MIKom, serta mahasiswa Lissafi Qulbi dan Aliffina Khowash.

Ayang Fitriyanti mengawali materinya dengan menjelaskan berbagai gejala fisik yang sering dialami ketika seseorang merasa gugup, seperti detak jantung yang semakin cepat, lutut gemetar, berkeringat, suara bergetar, pusing, kejang perut atau mual, mata berair, dan lupa materi.

“Gejala-gejala ini muncul akibat kecemasan yang disebabkan oleh pengalaman pertama, suasana baru, perasaan menjadi pusat perhatian, merasa berbeda atau tidak percaya diri, trauma masa lalu, dan perasaan tidak siap tampil,” terang Ayang.

Lebih lanjut, Ayang menjelaskan bahwa public speaking adalah kegiatan penyampaian pesan berupa ide atau gagasan secara lisan.

“Public speaking adalah bentuk komunikasi di mana seorang pembicara menghadapi pendengar dalam jumlah yang relatif besar dengan pembicaraan yang relatif terus menerus,” jelasnya.

Ia menekankan tiga tujuan utama dari public speaking, yaitu untuk menyampaikan informasi, menghibur, dan mempengaruhi audiens.

Selain itu, Ayang juga memaparkan manfaat public speaking, seperti mengurangi ketidaktahuan, mengurangi tekanan, memperbaiki hubungan, memahami permasalahan, dan menyelesaikan masalah.

“Kemampuan public speaking yang baik sangat penting untuk membantu anggota Pokdarwis mensosialisasikan potensi wisata Desa Mangunharjo secara lebih efektif,” tambah Ayang.

Sementara itu, Ketua Pokdarwis Pramujiarto SE MMPar, menyatakan bahwa pelatihan ini sangat membantu meningkatkan kemampuan berbicara dan kreativitas dalam berkomunikasi dengan wisatawan.

“Kami merasa lebih percaya diri dan siap menyambut wisatawan dengan keterampilan baru yang kami peroleh dari pelatihan ini,” ujarnya.

“Dengan pendekatan praktis ini, anggota Pokdarwis diharapkan mampu mengaplikasikan teknik public speaking secara efektif dalam situasi nyata, sehingga dapat meningkatkan kualitas pengelolaan dan promosi Desa Wisata Kampoeng Duren,” tambahnya. (aris)

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini