Dosen FTIK Mengenalkan Teknologi Internet of Things di SMA Masehi 2 PSAK

SEMARANG (sigijateng.id) – Tim Pengabdian kepada Masyarakat yang terdiri atas dosen FTIK USM menggelar Pelatihan Teknologi Internet of Things di SMA Masehi 2 PSAK Semarang pada 15 Mei 2024.

Tim PkM USM terdiri atas Ketua Alauddin Maulana Hirzan, M.Kom., anggota B. Very Christioko, M.Kom., dan Atmoko Nugroho, M.Eng.

Menurut Maulana, tujuan kegiatan untuk meningkatkan kemampuan teknologi Internet of Things (IoT) bagi para siswa SMA Masehi 2 PSAK. Kegiatan yang didanai oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Semarang (USM) itu diikuti 16 siswa dari kelas X dan XI.

”Acara dimulai dengan pengantar materi tentang Internet of Things (IoT) yang disampaikan oleh Atmoko Nugroho, M.Eng. Dilanjutkan dengan penjelasan mengenai berbagai macam dan jenis IoT oleh B. Very Christioko, M.Kom., dan untuk penjelasan serta pengaturan alat IoT dibawakan Alauddin Maulana Hirzan, M.Kom,” katanya.

Selama kegiatan, katanya, pihaknya presentasi memperkenalkan prototipe alat pengatur lalu lintas yang menggunakan NodeMCU atau ESP32.

Setelah presentasi, dilakukan sesi diskusi untuk memperjelas pemahaman siswa tentang alat IoT tersebut.

”Sebelum dan setelah presentasi serta diskusi, dilakukan pengukuran tingkat pemahaman siswa tentang IoT dengan mengisi pre-test dan post-test,” ujarnya.

Dia berharap, kegiatan ini tidak hanya memberikan pemahaman yang lebih baik tentang IoT kepada siswa, tetapi juga memotivasi mereka untuk mengembangkan minat dan keterampilan dalam bidang teknologi.

”Langkah ini diharapkan dapat berdampak positif pada peningkatan kualitas pendidikan di SMA Masehi 2 PSAK serta mempersiapkan siswa untuk menghadapi tantangan teknologi di masa depan,” tandasnya. (rizal)

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini