Bikin Betah Pengunjung, Festival Budaya Deswita Kali Kesek Tawarkan Pesona Alam hingga Tradisi Kirab Gunungan

Tradisi budaya festival desa wisata Kal Kesek dongkrak pariwisata di Kendal Foto : Istimewa

Kendal (sigijateng.id) – Ribuan orang berbondong-bondong berkunjungan ke Destinasi Wisata Kalikesek sekaligus menikmati Festival Desa Wisata tahun 2024, di Desa Sriwulan, Kecamatan Limbangan, Kendal, Minggu (30/6/2024).

Kemeriahan Festival Desa Wisata 2024 terlihat di arena wisata Kalikesek. Ribuan orang tampak menikmati sejumlah wahana dan mengunjungi ke stand-stand desa wisata di Kabupaten Kendal tersebut. Mereka juga mengikuti arak-arakan kirab budaya tradisi desa setempat.

Turut hadir Bupati Kendal H. Dico M. Ganinduto, B.Sc, Kepala Disporapar Kendal Achmad Ircham Chalid, Forkopimcam Limbangan, para pimpinan organisasi pariwisata di Kabupaten Kendal, serta diikuti para perangkat desa Sriwulan serta masyarakat.

Kepala Desa Sriwulan, Sulistio mengucapkan banyak terima kasih kepada Bupati Kendal yang datang langsung menyaksikan kemeriahan Festival Desa Wisata.

“Alhamdulilah pada acara hari ini di Kalikesek Bapak Bupati Dico bisa hadir secara pribadi bersama rombongan. Saya ucapkan terima kasih banyak, karena selama ini selalu mendukung untuk  kemajuan Destinasi Wisata Kalikesek,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Kendal Dico M. Ganinduto mengapresiasi pengelolaan Desa Wisata Kalikesek dan Pemerintah desa setempat, yang mana dapat mengelola dengan baik. Banyak pengunjung dari berbagai daerah untuk melihat keindahan Destinasi Kalikesek.

“Artinya wisata Kalikesek ini sudah berkembang, sehingga pada tahun 2024 Festival Desa Wisata terlaksana. Diharapkan wisata di Kabupaten Kendal bisa lebih ditingkatkan, sehingga akan memberikan nilai tambah terhadap kesejahteraan masyarakat,” kata Dico.

Menurut Dico, pendapatan desa wisata Kalikesek sangat luar biasa, karena bisa membantu program pembangunan desa untuk kesejahteraan masyarakat desa. Ia menargetkan, destinasi wisata Kalikesek maupun wisata lainnya bisa terus berkembang memberikan manfaat terhadap masyarakat di wilayahnya masing-masing.

“Pariwisata itu bisa membuka banyak peluang pekerjaan. Termasuk kita lihat Kalikesek mampu menjadikan masyarakat semakin bahagia dan sejahtera. Tentunya dari Pemkab Kendal akan segera melakukan pembangunan jalan dan penyediaan kantong parkir, agar desa wisata Kalikesek semakin lebih baik,” imbuhnya.

Diketahui, puncak acara dalam festival desa wisata ditandai arak-arakan gunungan. Usai didoakan, gunungan berisi sayuran, buah, dan hasil bumi lainnya diperebutkan pengunjung. Mereka terlihat antusias untuk mendapat keberkahan melalui gunungan yang diperebutkan. (Red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini