Ajarkan Gerakan Cuci Tangan Pada Anak TK, Tim KKN Posko 37 Gelar Sosialisasi dengan Lagu Menarik

SIGIJATENG.ID – Tim KKN Posko 37 UIN Walisongo Semarang menggelar sosialisasi cuci tangan di TK Muslimat NU 02 Desa Margomulyo, Kec. Pegandon, Kab. Kendal pada Rabu, (13/08/2024) pada pukul 07.30 wib.

Kegiatan ini menjadi salah satu program kerja terakhir dari devisi kesehatan dan lingkungan sebelum selesai masa KKN berlangsung sejak awal Juli 2024.

Umumnya pengajaran terhadap anak TK akan banyak diisi dengan lagu-lagu yang mengandung pesan tersirat. Hal ini dilakukan untuk menarik minat anak-anak agar mereka tidak bosan dan mau belajar bersama. Salah satu alasan terbesar dikarenakan lagu adalah salah satu sarana paling mudah dihafal oleh anak usia dini. Sehingga dalam edukasi kali ini menggunakan sistem bernyanyi sekaligus praktik cuci tangan yang benar.

Arista Artanti Rofiah anggota divisi kesehatan lingkungan mengatakan alasan dipilihnya sosialisasi cuci tangan karena aktivitas yang paling sering dilakukan oleh anak-anak di TK Muslimat NU 02.
“Anak-anak biasanya belum paham pentingnya kebersihan tangan, misal hendak makan tapi setelah main tentu tangan kotor ada bakterinya dan bisa menyebabkan sakit perut,” ucapnya.

Cuci tangan bukan sekadar menghilangkan kotoran dari tangan. Melainkan menjadi bagian dari kebersihan yang patut untuk diterapkan di manapun. Dimulai dari hal-hal kecil anak mampu menerapkan kebiasan hidup sehat dan bersih.

Pada sosialisasi ini, hanya 1 kelas yang diambil yaitu kelas B2 yang terdiri dari 20 anak TK.

Malia Aflina selaku wali kelas B2 TK Muslimat NU 02 merasa terbantu dengan kegiatan ini.
“Terima kasih atas kunjungan dari kkn atas edukasinya pada anak-anak, tentang bagaimana cuci tangan yang benar, sangat membantu dan bermanfaat,” ucapnya. (tim KKN UIN ws/*)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini