Usung Tema Cinta Alam dan Ramah Lingkungan, KKN UIN Walisongo Adakan Pelatihan Batik Ecoprint di SMPN 3 Tuntang

TUNTANG (sigijateng.id) – Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Angkatan 81 Posko 11 UIN Walisongo Semarang mengadakan pelatihan batik Ecoprint di SMPN 3 Tuntang Kabupaten Semarang, Kamis 19 Oktober 2023. Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan dari kelas 7, 8 dan 9. Pelatihan batik Ecoprint dimulai pukul 10.00 WIB bertempat di Aula Utama SMPN 3 Tuntang.

Teknik ecoprint atau eco printing merupakan sebuah Teknik cetak dengan pewarnaan kain alami. Prinsip pembuatanya adalah melalui kontak langsung antara daun, bunga, batang, atau bagian tumbuhan lain yang mengandung pigmen warna dengan media kain tertentu.

Pelatihan Ecoprint diinisiasi dengan tujuan untuk memanfaatkan sumber daya alam yang ada disekitar lingkungan. Sebab bahan yang digunakan dalam pembuatan Ecoprint merupakan dedaunan atau bunga yang bersifat pigmentik (mengeluarkan warna ketika dipukul). Sehingga bahan tersebut mudah didapatkan dan ramah lingkungan.

Para siswa diberi keleluasaan untuk membuat motif batik sesuai kreativitas masing-masing dengan tujuan melatih anak untuk selalu berkreasi dan membuat inovasi. Media yang digunakan adalah totebag dengan harapan bisa digunakan sebagai pengganti plastik ketika berbelanja dan bisa digunakan sebagai tempat buku untuk sekolah/mengaji.

Arya Wisnu Prabowo siswa kelas 8 yang mengikuti pelatihan ini mengatakan “Pelatihan ini adalah hal yang baru bagi saya dan teman-teman. Membuat totebag dengan motif batik ecoprint buatan sendiri, selain ramah lingkungan dan bahannya mudah didapatkan totebagnya nanti bisa digunakan untuk tempat sesuatu,” pungkas Arya.

Kepala Sekolah SMPN 3 Tuntang Sri Mulyati berharap kegiatan lainnya yang positif seperti pelatihan batik Ecoprint ini bisa dilakukan kembali di lain waktu, karena kegiatan ini sangat positif menggunakan bahan dari alam dan ramah lingkungan. Selain itu harapannya output dari pelatihan ini adalah siswa siswi SMPN 3 Tuntang memiliki tambahan keterampilan sehingga ketika lulus nanti menjadi lulusan yang terampil dimasyarakat yang bisa memanfaatkan bahan disekitar. Apalagi batik ini jika dimanfaatkan dengan baik mampu mendongkrak perekonomian di masyarakat.

“Terima kasih saya ucapkan kepada SMPN 3 Tuntang terutama ibu kepala sekolah karena telah memberi ruang dan tempat kepada kami mahasiswa KKN Reguler 81 Posko 11 UIN Walisongo Semarang untuk melakukan pelatihan batik Ecoprint ini, semoga bermanfaat bagi kita semua,” pungkas Laila Isro’atul Azizah selaku penanggung jawab acara ini. (timkkn/*)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini