Tiba di Arab Saudi, Begini Pesan Gus Men kepada Jamaah Indonesia Jelang Puncak Haji di Armuzna

Menag Yaqut Cholil Qoumas yang akrab disapa Gus Men saat di Bandara King Abdul Azis International Airport (KAAIA) Jeddah Arab Saudi 19 Juni 2023. ( foto tim mch)

Jeddah (sigijateng.id– Jelang puncak ibadah haji, Menteri Agama (Menag) RI Yaqut Cholil Qoumas mengingatkan kepada para jamaah haji, terutama yang lanjut usia (lansia) agar menjaga stamina fisik, asupan vitamin, tidak memforsir diri, dan tidak memaksakan diri melaksanakan ibadah sunah. 

“Jadi tolong dihemat energinya, yang sunah itu sudah cukup. Sekarang persiapkan diri. Utamanya jemaah lansia saat menghadapi puncak haji,” kata Menag di Bandara King Abdul Azis International Airport (KAAIA) Jeddah Arab Saudi, Senin (19/6/2023). 

“Dengan begitu, semua akan bisa berjalan baik dan lancar dan tidak akan banyak peristiwa yang tidak kita inginkan,” sambung Menag yang akrab disapa Gus Men ini.

Kehadiran Gus Men ke Arab Saudi ini hanya sampai tanggal 22 Juni 2023. Yakni melakukan pengecekan kesiapan petugas untuk ibadah Armuzna. Yakni wukuh di padang Arafah, bermalam di muzdalifah dan Mina, serta melempar jumrah atau jamarad.

“Nanti saya akan kembali lagi ke Indonesia lusa dan tanggal 24 Juni kembali lagi ke sini. Sebab masih ada beberapa agenda di Jakarta yang belum selesai,” tutur Gus Men yang mengenakan kemeja biru lengan panjang sore itu.

“Tapi mumpung ada waktu, saya mau datang dulu ke sini. Selain mengikuti Muktamar Fiqih Attaisir sekalian juga ngecek apa yang sudah dilakukan oleh penyelenggara dan teman-teman di PHU,” lanjutnya.

Diperoleh informasi, agenda Senin (19/6) malam ini (Waktu Arab Saudi/WAS), Gus Men juga akan menyempatkan waktunya untuk melihat langsung kesiapan, seperti apa kekurangannya untuk bisa dikonsolidasikan.

“Besok Insyaallah saya akan ketemu dengan Menteri Haji Pemerintah Arab Saudi menyampaikan beberapa catatan kita. Catatan positif sih yang banyak. Tak ada persoalan yang serius gitu,” ungkapnya. 

Catatan itudi antaranya, mengenai pelayanan yang diberikan pemerintah Arab Saudi bagus, penyambutan baik, apa yang diminta Menag tahun lalu, misalnya penambahan toilet di Arafah sudah dipenuhi. 

“Apa yang kita minta hampir semua dipenuhi. Termasuk mobil golf. Tahun lalu kita minta ke Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi, kini disiapkan mobil golf di Mina untuk melakukan evakuasi jika terjadi sesuatu terhadap jemaah haji kita,” terang Gus Men. 

Sebanyak 15 unit mobil golf itu memang disiapkan untuk Jemaah haji. “Ini bagian dari ikhtiar yang kita lakukan dan citra hubungan diplomatik pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Arab Saudi yang semakin membaik,” tandasnya. (Red)

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini