Hadir dan Buka Muktamar Nasional Rifai’yah, Zulhas Ajak Jemaah Majukan UMKM

Buka Muktamar Nasional Rifai'yah, Zulhas Ajak Jemaah Majukan UMKM. Foto : Istimewa

Batang (sigijateng.id) – Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan hadir dan membuka Muktamar X Rifa’iyah di Batang Jawa Tengah. Zulhas mengajak rifaiiyah untuk terus mengembangkan UMKM di tengah perlambatan ekonomi dunia.

“Dunia sekarang dilanda kesulitan, ekonomi dunia melambat, puluhan negara terancam bangkrut, sudah banyak beberapa, tapi Indonesia kita alhamdulillah, meningkat,” kata Zulkifli Hasan di hadapan peserta Muktamar X Rifa’iyah di Batang, Sabtu (23/9/2023).

“Ini semua tentu ada yang memimpin bapak ibu sekalian, yang memimpinnya tentu Presiden kita Bapak Joko Widodo,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Zulkifli Hasan yang juga ketua Umum PAN, mengajak rifa’iyah untuk menghidupkan UMKM untuk memajukan perekonomian.

“Akan kita dukung kalau ada UMKM-UMKM, warung-warung dari Rifa’i, kalau ada yang buka warung-warung sekolah-sekolah, silahkan buka warung agar anak-anak kita pintar enterpreneurnya nanti Kemendag akan bantu,” ungkapnya.

Zulhas juga mengajak Rifai untuk terus meningkatkan UMKM. Bahkan, dalam kesempatan itu, Kemendag dan Rifa’iyah menjalin kerja sama dalam program membuka seribu warung.

“Tadi kita juga kerja sama MoU untuk membuka seribu warung. Sekolah-sekolah bisa buka warung, anak-anak bisa gantian jaga. Dilatih untuk berwirausaha, ada nanti bantuannya dari Kita,” katanya.

Bantuan tersebut terdiri dari bantuan pelatihan sebesar Rp 20 juta untuk pembelian barang, dan Rp 20 juta untuk bantuan modal, sehingga total Rp 40 Juta.

Pada kesempatan yang sama, Zulkifli Hasan juga tidak lupa menyampaikan ucapan terima kasih kepada Rifa’iyah, yang selama ini berjuang untuk kebutuhan NKRI dan kemajuan Indonesia.

“Pemerintah mengucapkan terima kasih yang tak terkira jasa-jasa guru kita Syekh Ahmad Rifa’i yang luar biasa terhadap kemerdekaan, kemudian murid-murid beliau dan ormas telah memberikan kontribusi yang nyata untuk persatuan kemajuan NKRI,” ucapnya. (Red)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini