Gugus Tugas Daerah Bisnis dan HAM Dikukuhkan Pj Gubernur Jateng

Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana. (foto humas pemprov jateng)

SEMARANG (sigi jateng) – Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana mengukuhkan Gugus Tugas Daerah Bisnis dan Hak Asasi Manusia (HAM) di Gedung Gradhika Bhakti Praja Semarang pada Kamis, 28 Desember 2023. 

Gugus tugas ini bertugas mengkoordinasikan pelaksanaan strategi nasional bisnis dan HAM di tingkat daerah.

“Kami bersama dengan Kakanwil Hukum dan HAM Jateng, para OPD, bupati dan walikota se – Jateng, sudah mengukuhkan tim gugus tugas daerah bisnis dan HAM se – Jateng,” kata Nana. 

Gugus Tugas Daerah Bisnis dan HAM ini beranggotakan OPD provinsi, instansi vertikal kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang hukum dan HAM, serta mitra non pemerintah.

Pembentukan gugus tugas ini diharapkan akan semakin meningkatkan nilai-nilai pelayanan berbasis HAM di wilayah Provinsi Jawa Tengah.

Dalam kesempatan itu, Nana juga memberikan penghargaan kepada para bupati/walikota, atas kinerjanya dalam pelayanan kepada masyarakat, terkait HAM.

Sementara itu, Kepala Kanwil  Kemenkumham Jateng, Tejo Harwanto menambahkan, sesuai dengan Peraturan Presiden No 60 tahun 2023, Indonesia sebagai anggota PBB telah meratifikasi beberapa regulasi terkait dengan hak asasi manusia.

Dahulu, kata  dia, menegakkan hak asasi manusia hanya menjadi kewajiban pemerintah, baik pemerintah pusat, provinsi maupun kabupaten/ kota. Dengan aturan itu, pelaku usaha juga punya kewajiban dalam memberikan pelayanan publik juga harus berbasis HAM.

“Jadi pelaku usaha, bisnis, corporate juga melakukan tindakan yang sama, yaitu pelayanan publik berbasis HAM,” terangnya. (asz)

Sebulan Masa Kampanye Pemilu 2024, Situasi Jateng Kondusif

SEMARANG (sigi jateng) – Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana meyatakan, pelaksanaan kampanye pemilu 2024 selama sebulan ini berjalan secara kondusif.

“Situasi pelaksanaan pemilu di Jawa Tengah dalam keadaan kondusif. Di sini suasana masih sejuk, damai, dan kondusif,” kata Nana Sudjana di Semarang pada Jumat, 29 Desember 2023.

Kondusifitas di Jawa Tengah ini terus terjaga berkat sinergitas dan kolaborasi yang dijalin antara penyelenggara pemilu, pemerintah daerah, TNI-Polri, serta instansi lain.

Sinergisitas dan  kerja sama itu, juga dilakukan dengan para tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk bersama-sama menciptakan suasana yang sejuk dan damai.

“Memang kami solid dan sinergis. Artinya kami sama-sama menjaga pemilu ini tetap damai. Tidak ada satu permasalahan yang serius,” kata Nana.

Menurut Nana, situasi yang ramai dalam tahapan pelaksanaan pemilu termasuk pada masa kampanye ini lebih banyak terjadi di media sosial. Kegiatan kemasyarakatan masih berjalan normal dan tidak ada permasalahan atau mengarah konflik.

“Kami pun terus siaga untuk mendeteksi permasalahan yang mungkin timbul dan segera kami tangani. Sampai saat ini situasi kondusif,” jelasnya. Sebagaimana tahapan dan jadwal pemilu 2024, pelaksaan kampanye pemilu 2024 dijawalkan mulai 28 November 2023 sampai dengan Sabtu, 10 Februari 2024. (asz)

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini