Tim PkM USM Selenggarakan Psikoedukasi Pengenalan Gangguan Psikologis pada Lansia

PKM dosen Fakultas Psikologi Universitas Semarang menyelenggarakan Psikoedukasi Pengenalan Gangguan Psikologis pada Lansia di Persatuan Paguyuban Lanjut Usia (PPLU), Kelurahan Mlatibaru, Kota Semarang, baru-baru ini. ( foot humas usm)

SEMARANG (sigijateng.id) – Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dosen Fakultas Psikologi Universitas Semarang menyelenggarakan Psikoedukasi Pengenalan Gangguan Psikologis pada Lansia di Persatuan Paguyuban Lanjut Usia (PPLU), Kelurahan Mlatibaru, Kota Semarang, baru-baru ini.

Tim PkM terdiri atas Ketua Martha Kurnia Asih, M.Si, anggota Sri Widyawati, M.Si., Psikolog (anggota), A. Dian Savitri, M.Si., Psikolog.

Kegiatan yang diikuti 60 anggota PPLU itu dihadiri Priyo Sarjono, ST selaku Lurah Mlatibaru Kecamatan Semarang Timur.

Martha mengatakan, PPLU Kelurahan Mlatibaru selama ini telah aktif melakukan kegiatan mendukung pemeliharaan kesehatan fisik, yaitu program Posyandu Lansia dan senam bersama setiap 2 minggu sekali.

Namun belum pernah melakukan kegiatan terkait kesehatan psikologis lansia.

”Tujuan kegiatan ini untuk memberikan psikoedukasi pengenalan permasalahan gangguan psikologis kepada para lansia dan keluarga (sebagai pendamping),” katanya.

Menurutnya, peserta akan memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk mengenali diri mengenai gangguan psikologis yang dihadapi.

Dia berharap, kegiatan tersebut bermanfaat bagi para lansia untuk dapat melakukan pemeriksaan diri secara dini mengenai permasalahan psikologis yang dialami, sehingga dapat melakukan antisipasi agar permasalahan psikologis tersebut tidak berkembang lebih lanjut.

”Begitu pula dengan keluarga sebagai pendamping dalam keseharian lansia, dapat memberikan dukungan yang sesuai dengan kebutuhan lansia tersebut,” ungkapnya. (rizal)

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini