Silaturahmi Prof Aqil Al Munawar di Rumah Ustadz Mahmud Siraj: Memperingati dan mengenang Ulama Nusantara, Syeh Yasin al-Fadani

Acara silaturahmi di kediaman Syeh Mahmud Siraj, yang terletak di Subhani, Saudi Arabia pada Rabu, 26 Juni 2024, sore dihadiri oleh Prof. Dr. Aqil bin Husin Munawar. ( foto gus abdar) .

MEKAH (Sigijateng.id) – Prof. Dr. Aqil bin Husen Munawar mengadakan acara silaturahmi istimewa di kediaman Syeh Mahmud Siraj, yang terletak di Subhani, Saudi Arabia pada Rabu, 26 Juni 2024, sore.

Acara ini dimulai setelah waktu Ashar dan berlanjut hingga setelah Maghrib, dihadiri oleh para santri Mekah warga Indonesia yang tengah menimba ilmu di tanah suci serta jamaah haji Indonesia. Sholat Magrib berjamaah diimami oleh Prof. Dr. Aqil Munawar.

Acara ini turut dihadiri oleh sejumlah ulama dan tokoh agama, antara lain KH Abdullah Haidar (Gus Abdar) dari Ponpes Al Amanah Weding Demak, KH Anas Rifai dari Assiqyah Cab Palembang, Gus Abdul Hamid Payaman dari Magelang, serta beberapa Habaib dari Jakarta.

Seluruh putra dari almarhum Kyai Siraj, seperti Ustad Ahmad, Ustad Hamid Siraj, Ustad Mahmud Siraj, dan Ustadz Abdullah Siraj, turut serta memeriahkan acara tersebut.

Gus Abdar mengatakan acara ini dimulai dengan mendengarkan hadis musalsal, khususnya hadis musalsal bil Awwaliyah dan BiL Mahabbah serta Musalsal Bil Musofahah oleh Prof Aqil Munawar. Hadis musalsal bil Musofahah ini menjelaskan keutamaan bersalaman atau musofahah (bersalaman) antara guru dan murid, yang bersambung hingga kepada Nabi SAW.

Prof. Dr. Aqil Munawar, yang juga pernah menjabat sebagai Menteri Agama RI pada masa pemerintahan Presiden Megawati Soekarno Putri, turut menyampaikan hadis musalsal dan sanad keilmuan dari sanad gurunya, Syeh Yasin al-Fadani, seorang ulama Nusantara di Mekah.

“Acara ini tidak hanya menjadi ajang silaturahmi, tetapi juga penghormatan terhadap peran Syeh Yasin al-Fadani, dimana Haul-nya akan diperingati pada Kamis (4/7/2024) malem Jumat pekan depan,” terang Gus Abdar.

Prof. Aqil Munawar sendiri memiliki hubungan dan pengalaman mendalam belajar di Saudi Arabia. Apalagi beliau juga tinggal di rumah almarhum Kyai Siraj, ayah dari Syeh Mahmud Siraj, saat menempuh pendidikan S2 dan S3 .

“Hubungannya sangat dekat sekali antara Prof Dr Aqil Munawar dengan Syeh Yasin. Pada kesempatan tadi, beliau juga cerita beberapa cerita dan kisah langka saat bersama Syeh Yasin dulu,: kata Gus Abdar.

Selain menyampaikan hadis, Prof. Aqil Munawar juga berbagi pengetahuan mengenai Ulumul Qur’an dan Ulumul Hadis, serta memberikan semangat kepada para santri Mekah untuk lebih aktif dalam belajar menghadapi tantangan masa depan.

Beliau juga membagikan pengalaman pribadinya selama masa nyantri dan mulazamah dengan Syeh Yasin al-Fadani, yang dikenal dengan gelar Musnid Addunya, menguasai berbagai disiplin ilmu dan memiliki sanad keilmuan yang luas.

Acara silaturahmi ini tidak hanya menjadi wadah perjumpaan, namun juga sebagai upaya untuk mengenang dan memperkuat warisan intelektual serta spiritual dari tokoh-tokoh ulama seperti Syeh Yasin al-Fadani, yang berdampak luas dalam perjalanan keilmuan di Indonesia dan di luar negeri. (asz)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini