Sambut Safari Jumatan, Masjid Jami Pekojan Siapkan Makanan Khas Bubur India untuk Rombongan Walikota Semarang

Ketua Takmir Masjid Jami Pekojan Habib Ali bin Hamid Baharun (kanan) dan Bendahara Takmir Habib Ali Haydar bin Achmad Baharun. ( foto dok masjid)

SEMARANG (sigi jateng) –  Takmir Masjid Jami Pekojan Kota Semarang siap menerima rombongan Walikota Semarang Hevearita G rahayu yang akan melakukan kunjungan ke masjid tersebut dalam acara Safari Jumatan bersama MUI Kota semarang,  Jumat, 19 Januari 2024.

Rencananya Wali kota akan datang ke masjid Jami Pekojan di jalan Petolongan No.1 Purwodinatan, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang itu bersama dengan pengurus MUI Kota Semarang, pimpinan Baznas Kota Semarang, dan beberapa unsur lainnya.

“Kami baru saja melakukan rapat koordinasi lurah Purwodinatan  dan pihak terkait, persiapan acara Safari Jumatan Walikota Semarang dan MUI Kota Semarang ini. Takmir Masjid Jami Pekojan siap menerima kedatangan Ibu Walikota bersama rombongan,” kata  Ketua Takmir Masjid Jami Pekojan, Habib Ali bin Hamid Baharun di lokasi  Kamis, 18 Januari 2024.

Habib Ali menyatakan, takmir dan jemaah menyambut gembira dengan adanya rencanya kegiatan Walikota di Masjid Jami Pekojan. Karenanya, pihaknya berencana memberikan jamuan dengan memberikan sajian yang menjadi ciri khas Masjid Jami Pekojan, yakni Bubur India kepada wali kota dan rombongannya.

“Kita sudah merencanakan akan memberikan jamuan Bubur India kepada Ibu Walikota dan rombongannya,” tegas Habib Ali yang didampinggi oleh bendahara takmir Habib Ali Haydar bin Achmad Baharun.

Adapun rangkaian kegiatan, wali kota dan rombongan akan tiba di masjid sebelum sholat Jumatan. Kemudian acara dimulai setelah sholat Jumatan. Nantinya, walikota akan menyapa dan berdialog dengan jemaah dan masyarakat.  Adapun untuk petugas khotib dan imam di Masjid Pekojan Jumat 19 Januari 2024 adalah Habib Jindan bin Novel dari Jakarta.

“Mohon doanya dari semua jemaah dan warga sekitar, agar acara berlangsung lancar, maslahat dan berkah untuk orang banyak,”  pinta ketua takmir.

Bulan Ramadhan

Mendengar Masjid Pekojan Kota Semarang, pasti langsung tersirat dalam benak pikiran kita adalah Bubur India. Mengapa?

Karena, Masjid Pekojan adalah satu-satunya masjid di Kota Semarang bahkan Jawa Tengah yang selalu menyediakan Bubur India untuk berbuka para jemaah pada saat bulan Ramadhan.

Setiap hari di Bulan Ramadhan, takmir Masjid Pekojan menyediakan ratusan mangkuk Bubur India yang disajikan dengan gratis kepada semua orang yang berada di masjid untuk, ketika akan masuk waktu berbuka puasa.

Bubur India menjadi makanan khas berbuka di Masjid Jami Pekojan Semarang. Kebiasan seperti itu sudah dilakukan lebih dari seabad.

Mereka yang datang ke masjid tidak hanya warga dekat masjid, namun dari berbagai tempat, bahkan yang datang dari luar kota juga banya.

Membuat Bubur India cukup melelahkan. Petugas mulai bikin bubur pada siang hari. Namun takmir dan petugas yang bikin Bubur India merasa bahagia dengan kegiatan rutin bulan Ramadhan itu.

Untuk berbuka, bubur disajikan dengan kurma, buah semangka, dan susu cokelat.

Setiap harinya, setidaknya akan bikin minimal 250 porsi bubur India. Sebagian dari jumlah itu disediakan untuk warga yang ingin membawa pulang dan memakannya di rumah.

Proses memasak bubur itu sendiri dilakukan secara terbuka tepat di samping masjid. Resep bubur khas Masjid Jami Pekojan juga tertulis di sana. Jadi semua orang bisa melihatnya. Karena resep sama, maka rasanya juga akan sama dari tahun ke tahun. (aris)

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini