Mahasiswa S1 Pariwisata USM Gelar Pentas Jawa, Implementasi Matkul Bahasa Jawa

Mahasiswa Program Studi S1 Pariwisata Universitas Semarang (USM) saat Pentas Jawa di Auditorium Ir. Widjatmoko USM pada Jumat (19/1/2024). ( foto humas usm)

SEMARANG – Mahasiswa Program Studi S1 Pariwisata Universitas Semarang (USM) semester 2, semester 3, dan semester 5 berkolaborasi menyelenggarakan Pentas Jawa di Auditorium Ir. Widjatmoko USM pada Jumat (19/1/2024).

Ketua Panitia, Cesar Vigo mengatakan, kegiatan tersebut merupakan implementasi mata kuliah Bahasa Jawa pada semester 2, mata kuliah Sendratasik pada semester 3, dan mata kuliah Karawitan pada semester 5 yang diampu oleh Dosen Prodi S1-Pariwisata USM, Heri Purnomo, M.Pd.

”Tujuan kegiatan ini untuk mengenalkan Prodi Pariwisata USM kepada masyarakat. Dalam kegiatan ini kami mengangkat kearifan lokal dari budaya Jawa agar dapat terus dilestarikan,” katanya.

Mahasiswa Program Studi S1 Pariwisata Universitas Semarang (USM) saat Pentas Jawa di Auditorium Ir. Widjatmoko USM pada Jumat (19/1/2024). ( foto humas usm)

Dalam kegiatan tersebut, mahasiswa Prodi Pariwisata menampilkan berbagai macam pertunjukkan mulai dari stand up comedy bahasa Jawa, karawitan yang membawakan lagu ‘Kebo Giro’ dan ‘Suwe Ora Jamu’, tari, hingga kesenian ketoprak yang membawakan cerita ‘Sri Wuning’ dan ‘Adipati’.

Ketua Program Studi S1 Pariwisata USM, Herman Novry Kristiansen Paninggiran, S.E.,M.MPar., mengapresiasi mahasiswanya yang telah mengelar kegiatan tersebut dengan sangat bagus. Kegiatan ini sebagai tugas akhir mata kuliah Bahasa Jawa, Sedratasik, dan Karawitan. ”Saya salut dengan antusias mahasiswa Prodi Pariwisata yang berusaha tampil maksimal dalam kegiatan ini. Saya pikir ini adalah modal yang sangat penting bagi mereka saat bekerja di industri pariwisata, karena budaya dan pariwisata tidak dapat dipisahkan serta hal seperti ini dapat dikemas sebagai atraksi wisata untuk disuguhkan bagi wisatawan nusantara dan mancarnegara,” ujarnya. (aris)

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini