Mahasiswa FTIK Berikan Penyuluhan Bijak Gunakan Media Sosial di SMP Empu Tantular

Mahasiswa FTIK Berikan Penyuluhan Bijak Gunakan Media Sosial di SMP Empu Tantular, Kamis (29/6/2024)

SEMARANG (sigijateng.id) – Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi (FTIK) Universitas Semarang (USM) memberikan penyuluhan tentang “Bijak dalam Menggunakan Media Sosial” di SMP Empu Tantular Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang pada Kamis, 20 Juni 2024. Kegiatan ini ditujukkan bagi siswa-siswi SMP Empu Tantular kelas VII.

Penyuluhan ini dilakukan oleh mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Semarang diantaranya yaitu Dhamar Ilham K, Aqilla Yusuf Pandji, Rizal Kurnia, Rayhan Prasetya Nugraha, Maritza Avriliamanda Vistara, M. Riyan Febriansyah, dan Anggi Ratnasari, dengan dosen pembimbing Khoirudin, S.Kom, M.Eng.

Dalam penyuluhan ini, tim memberikan edukasi kepada para siswa tentang pentingnya bijak dalam menggunakan media sosial. Dhamar Ilham menjelaskan berbagai risiko yang ada di media sosial, seperti perundungan (cyberbullying), penipuan, dan penyebaran hoaks.

Aqila Yusuf memberikan tips tentang cara mengamankan akun media sosial, seperti penggunaan kata sandi yang kuat, dan pentingnya menjaga kerahasiaan informasi pribadi.

Rizal Kurnia membahas pentingnya etika dalam berkomunikasi di media sosial, termasuk bagaimana menyampaikan pendapat dengan sopan dan menghargai orang lain.

Rayhan Prasetya mengajak para siswa untuk memanfaatkan media sosial sebagai sarana belajar dan berkreasi, bukan hanya untuk hiburan semata.

Maritza Avriliamanda memberikan contoh kasus nyata tentang dampak negatif penggunaan media sosial yang tidak bijak, sementara Riyan Febriansyah menjelaskan cara melaporkan konten negatif atau penyalahgunaan media sosial kepada pihak berwenang.

Anggi Ratnasari menutup sesi dengan menyampaikan tips dan trik bagaimana caranya membatasi penggunaan media sosial agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari dan prestasi belajar.

Kegiatan yang dilakukan dalam rangka memenuhi Tugas mata Kuliah Teknologi Informasi dan Etika dan kegiatan ini bertujuan untuk membekali para siswa dengan pengetahuan dan kesadaran akan pentingnya penggunaan media sosial secara bijak dan bertanggung jawab. Selain penyampaian materi, acara ini juga diisi dengan kuis dan sesi tanya jawab, di mana para siswa aktif bertanya dan berbagi pengalaman mereka terkait penggunaan media sosial.

Kegiatan ini juga ditutup dengan foto bersama sebagai kenang-kenangan dan tanda komitmen para siswa untuk menjadi pengguna media sosial yang bijak dan bertanggung jawab. (aris)

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini