Inilah Beberapa Jenis Makanan yang Diduga Penyebab Mimpi Buruk Terjadi

Makanan pedaaz (foto unsplash)

SIGIJATENG.ID – Pernahkah anda terbangun di tengah malam atau Ketika masih pagi buta dengan napas yang tersengal dan jantung yang berdegup kencang? Itu adalah salah satu reaksi tubuh saat memimpikan suatu hal yang buruk.

Mimpi buruk memang menjadi pengalaman yang tidak ingin diulangi oleh setiap manusia yang pernah mengalaminya. Setiap manusia pasti menginginkan kualitas tidur yang baik dengan tidur yang nyenyak dan mimpi yang indah.

Mimpi biasanya terjadi dalam fase tidur yang disebut Rapid Eye Movements (REM). Menurut psikolog Rubin Naiman, tidur mungkin terasa lebih nyaman saat tanpa mimpi atau tidak mengingat apa pun.

Namun, mimpi ternyata mekanisme penting bagi tubuh untuk memperbaiki diri. Mimpi juga merupakan bagian dari proses belajar dan konsolidasi memori di otak.

Jika anda pernah atau bahkans sering mengalami mimpi buruk mungkin ada gangguan psikologis yang sedang anda idap. Ganguan psikologis tersebut bisa berupa stress, depresi, bipolar, skizofrenia dan cemas berlebihan.

Selain gangguan psikologis, seseorang yang sedang dalam masa perawatan medis seperti sedang dirawat di rumah sakit, menjalani terapi pengobatan dan sedang mengkonsumsi obat-obatan yang memicu kekhawatiran diri juga termasuk faktor penyebab mimpi buruk.

Kurang tidur yang membuat alarm tubuh menjadi berantakan dapat mengakibatkan mimpi buruk menghampiri anda di malam hari. Beberapa faktor penyebab mimpi buruk itu juga bisa didukung dari pilihan makanan yang anda konsumsi sebelum tidur.

Makanan yg kita konsumsi sebelum tidur bisa mempengaruhi mimpi kita. Kaitan makanan yang dikonsumsi dengan mekanisme tubuh saat tidur ialah tubuh menjadi bekerja keras mencerna protein dan lemak ditambah peningkatan suhu tubuh menyebabkan tubuh menjadi gelisah dan mengakibatkan mimpi buruk.

Makanan-makanan yang dapat mempengaruhi mimpi buruk ialah produk olahan susu atau daging. Kenapa? sebab protein membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dicerna oleh tubuh sehingga membuat tubuh bekerja lebih keras

Makanan pedas bisa meningkatan suhu tubuh, sehingga terbawa ketika kita sudah berada di alam bawah sadar, kita sendiri yang membuat tubuh terasa tidak nyaman bahkan berkeringat.

Mengonsumsi es krim sebelum tidur bisa menyebabkan metabolisme tubuh bergeser dan meningkatkan aktivitas otak. Otak anda bakal masuk dalam kondisi tak tahu harus melakukan apapun dan membuang energi berlebihan sehingga memicu mimpi buruk.

Konsumsi minuman beralkohol secara berlebih sebelum tidur bisa membuat anda kesulitan untuk masuk dalam tidur dalam. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan untuk mempelajari dampak alkohol bagi tidur menyatakan bahwa walau alkohol bisa larut, namun efek yang muncul di malam hari bisa menimbulkan mimpi buruk yang intens dan nyata.

Kandungan soda dan kafein yang tinggi dari minuman bersoda menyebabkan anda kesulitan tidur. Masalah kesulitan tidur ini kemudian akan semakin menumpuk sehingga anda mengalami mimpi buruk pada malam harinya.

Sejumlah makanan tersebut bisa memunculkan sejumlah dampak yang membuat anda kesulitan tidur. Kesulitan tidur yang anda alami ini bisa memicu munculnya mimpi buruk pada malam-malam anda. (akhida)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini