Kamis, September 19, 2024
No menu items!

Tingkatkan Kreativitas Siswa, Mahasiswa KKN Gelar Pelatihan Ecoprint di Desa Tegalombo

SIGIJATENG.ID – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Moderasi Beragama (MB) Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang Posko 60, menggelar pelatihan Ecoprint di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 01 Tegalombo, Kecamatan Tersono, Kabupaten Batang, Tegalombo, Jumat, 02 Agustus 2024.

Pelatihan Ecoprint yang diselenggarakan KKN MB Posko 60, dibuka khusus untuk siswa SD di Desa Tegalombo, yaitu SD N 01 Tegalombo dan SDN 02 Tegalombo.

Salah satu anggota KKN MB Posko 60, Febilia Nur Ifah Tri Cahyani, mengungkapkan tujuan diadakan pelatihan ini adalah untuk mengembangkan kreativitas anak-anak, serta melatih kewirausahaan sejak dini pada anak-anak desa Tegalombo.

Ecoprint sendiri merupakan teknik mencetak dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Pada pelatihan ini menggunakan bahan alami seperti daun, ranting, dan bunga. Menggunakan media kain, yaitu totebag berbahan canvas berwarna putih dan menggunakan teknik pounding atau memukul. Dengan adanya pelatihan Ecoprint dapat melatih kreativitas siswa, serta diharapkan dapat menumbuhkan jiwa wirausaha sejak dini pada anak-anak.

“Dengan adanya pelatihan Ecoprint ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi siswa sekolah dasar, yaitu dengan terlatihnya kreativitas dan jiwa wirausaha.” kata Febilia.

Kegiatan pelatihan Ecoprint dibagi 2 sesi, yaitu sesi kelas bawah (kelas 1-3) dan sesi kelas atas (kelas 4-6).

Zahra, salah satu peserta pelatihan Ecoprint, merasa senang dengan adanya pelatihan ini karena mendapat ilmu baru.

“Merasa senang karena dapat ilmu baru dan pelatihan yang dibuat mas-mba KKN seru, jadi tidak mudah bosan,” ujarnya.

Sementara itu, Santi, salah satu guru SDN 01 Tegalombo mengucapkan Terima kasih atas pelatihan yang diberikan oleh mahasiswa KKN.

“Terima kasih atas pelatihan yang diberikan oleh mahasiswa KKN, semoga yang diajarkan ini dapat bermanfaat kedepannya untuk siswa SD 01 Tegalombo.” ujar Santi.

Dengan adanya pelatihan Ecoprint yang diselenggarakan oleh mahasiswa KKN MB Posko 60 diharapkan dapat memberikan manfaat yang nyata kepada masyarakat Desa Tegalombo. (tim kkn/*)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Popular 24 Jam