Kamis, September 19, 2024
No menu items!

Seorang Warga di Brebes Suspek Cacar Monyet Menjalani Isolasi di RSUD, Kondisi Mulai Membaik

Brebes (sigijateng.id) – Salah seorang warga di Brebes dilaporkan terkena suspect cacar monyet atau monkey pox (Mpox). Warga tersebut kini dirawat di ruang isolasi RSUD Brebes, Jawa Tengah. Pasien dengan gejala muncul bintik di sekujur tubuh dirawat di ruang isolasi.

Selama menjalani perawatan di ruang isolasi RSUD Brebes, kondisi pasien disebut sudah mulai membaik.

Wakil Direktur RSUD Brebes, dr Aries Suparmiati mengatakan pasien suspek cacar monyet ini sudah mendapatkan perawatan di ruang isolasi RSUD Brebes. Pasien tersebut berinisial E berusia sekitar 30 tahun warga Kabupaten Brebes.

“Masuk ke rumah sakit ini sejak Sabtu 31 Agustus 2024 malam. Saat ini kondisinya sudah membaik,” kata dr Anies, Senin (2/9/2024).

Sebelumnya, pasien ini memiliki gejala demam selama lima hari, kemudian pada tubuh pasien muncul bintik seperti cacar. Pasien ini kemudian mengalami muntah-muntah sehingga harus dirawat di rumah sakit.

Awalnya, pasien dirawat di rumah sakit di Slawi. Setelah dinyatakan suspek cacar monyet, pasien itu dipindah ke RSUD Brebes pada Sabtu (31/8) lalu.

“Awalnya demam selama lima hari dan muncul bintik bintik air. Kemudian muntah-muntah dan karena khawatir dehidrasi maka dibawa ke Rumah Sakit Mitra Keluarga. Baru dibawa ke RSUD Brebes Sabtu malam dan saat ini pasien sudah membaik dan tidak muntah-muntah lagi,” lanjut Aries.

Aries melanjutkan pasien baru suspek dan belum dinyatakan positif cacar monyet. Saat ini, pihaknya masih mengupayakan pemeriksaan laboratorium untuk memastikannya.

“Saat ini masih menunggu alat dari Pemprov Jateng untuk memastikan cacar monyet. Kami pun masih melakukan diagnosis banding untuk memastikan antara gejala cacar monyet atau cacar air biasa,” ungkap Aries.

Sementara itu, dihubgi secara terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes, Ineke Tri Sulistyowati membenarkan ada satu warga yang suspek atau memiliki gejala yang mirip dengan monkey pox atau cacar monyet.

Dijelaskan, setelah dilakukan pemeriksaan, visitasi dokter spesialis kulit kelamin RSUD Brebes, pasien tersebut tidak mengidap cacar monyet.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan, visitasi dokter spesialis kulit dan kelamin di RSUD Brebes yang menjadi penanggung jawab, dan ternyata tidak mengidap cacar monyet. Karena tidak ada pembengkakan kelenjar getah bening yang menjadi salah satu indikasi dari cacar monyet,” kata Ineke.

Dia menjelaskan, berdasarkan hasil pemeriksaan dokter spesialis, pasien tersebut dinyatakan hanya mengalami penyakit cacar air biasa. (Red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Popular 24 Jam