Kamis, September 19, 2024
No menu items!

PON XXI, Bulutangkis Beregu Putra dan Putri Jateng Lolos Semifinal, Bertemu DKI Jakarta dan Jabar

DELI SERDANG (sigijateng.id) –  Cabor bulutangkis beregu putra dan putri Jateng lolos ke babak semifinal PON XXI Aceh-Sumut tahun 2024 dan berpeluang merebut medali emas.

Kepastian lolosnya tim beregu putra dan putri Jateng setelah keduanya berhasil mengalahkan lawan-lawannya dalam babak penyisihan grup yang digelar di Gedung PBSI Provinsi Sumatra Utara di Deli Serdang.

Tiket semifinal nomor beregu putri berhasil dipegang oleh Jateng setelah mengalahkan Babel dengan skor 5-0 pada Selasa (10/9/2024) pagi. Kemenangan ini melangkapi kemenangan Jateng pada babak penyisihan grup, setelah sehari sebelumnya sukses mengalahkan Sumut dengan skor 5-0.

Tunggal pertama Jateng Aura Ihya menang atas Lyen Hagebita dengan nila 23-21, 23, 21. Kemudian ganda pertama Jateng Adita Anjani/ Velisha Christina menang atas Keren Caolinas / Nadia dengan nilai 21-11, 21-11.

Selanjutnya tunggal kedua Jateng  Suasan Dwi Ramadhani menang atas Nurul Hasanah dengan nilai 21-6, 21-7. Ganda kedua Jateng Bernadine Anindya Wardana/ Titis Maulida Rahma menang atas pasangan Lyen Hagebita/ Syifa Fauziah Amar dengan nilai 21-6, 21-12.

Kemudian Tunggal ketiga Jateng Evelin Gracia Parapat menang Kirana Chandra dengan nilai 21-3, 21-12. Pada babak penyisihan ini, memang semua pemain dimainkan.

Pada babak semifinal, tim beregu putri Jateng akan bertemu dengan DKI Jakarta, kemudian Jabar bertemu dengan Jatim.

Jika Jateng adalah juara grup A, tim beregu putri Jakarta adalah juara grup B yang sukses mengungguli DI Yogjakarta dan Sumut.

Kemudian Jabar adalah juara grup C mengungguli Sulsel dan Kepri, sedangka Jatim adalah juara grup D mengungguli Aceh, NTB.

Beregu Putra

Sementara, tim bulutangkis beregu putra Jateng memastikan lolos babak semifinal dengan status peringkat pertama grup A.

Pada babak penyisihan ini tim beregu putra Jateng sukses mengalahkan Sumut  dan DIY. Dengan kedua provinsi itu, Jateng menang masing-masing dengan  skor 5-0.

Laga kontra DIY sekaligus laga penentuan digelar Selasa (10/9/2024) sore. Tunggal pertama Jateng Moh Zaki Ubaidillah menang atas Ryan Putra Widyanto dengan nilai 21-16, 21-12. Kemudian ganda pertama Jateng Michael Owen dan Emanuel Joseph Surya Hartono menang atas Aufa Isnanta Nurrafif Darwanto / Muhammad Danish Maulad Ferary dengan nilai 21-11, 21-13

Lantas, tunggal kedua Richie Duta Richardo menang atas Nash Shaar Akmal dengan nilai 21-7, 21-9.

Lalu ganda kedua Jateng, Yuke Gamareza Radjasa / Muh Voyage Afrisal menang atas Mahendra Christian Aldo Sanjaya / Madrid Dwi Sanjaya dengan nilai 21-11, 21-23, 21-11.

Kemudian tunggal ketiga Jateng Hendry Leander menang mudah atas Cristiano Ronaldo Eka Saputra dengan nilai 21-16,  21-16.

Pada babak semifinal Jateng akan bertemu Jabar, kemudian DKI Jakarta bertemu Jatim.

Pada babak penyisihan grup, Jabar adalah juara grup B bersama dengan Sulsel dan NTB. Kemudian DKI Jakarta adalah juara grup C bersama Lampung dan Sumbar, lalu Jatim adalah juara grup D yang mengungguli Kaltim dan Aceh

Para pemain Jateng beregu putra akan bertemu dengan para pemain Jabar di babak semi final, seperti M Fachri Akbar R (tunggal), Galuh Dwi P/ M Gibran Arfiansyah (ganda), Ahmad Sasfariansyah Siregar (Tunggal), Hendrawan/ M El Fauzan Hamba (ganda) dan Albani M Bije (tunggal)

Pujiasto, manajer tim badminton PON Jateng mengaku bersyukur karena tim berega putra dan putri Jateng lolos final dan peluang untuk merebut emas sangat terbuka.

“Alhamdulillah lolos semifinal semua. Kekuatan empat tim yang lolos semi final baik putra dan putri cukup berimbang. Sulit diprediksi siapa yang bakal menang. Itu artinya peluang Jateng untuk menang dan meraih medali emas sangat terbuka,” kata dia.

Adapun babak semifinal akan digelar Rabu dan babak grand final digelar sehari berikutnya, yakni Kamis (12/9/2024).

Setelah babak beregu ini selesai, akan dilanjut dengan nomor perorangan yang akan mulai Sabtu (14/9/2024).

“Insya Allah bulutangkis Jateng akan bisa menyumbangkan medali emas,” katanya.

Berikut jadwal lengkap semifinal bulu tangkis beregu PON 2024, Rabu:

Beregu putri mulai pukul 10.00 WIB

Jateng vs DKI Jakarta

Jabar vs Jatim

Beregu putra mulai pukul 14.00 WIB

Jateng vs Jabar

Jakarta vs Jatim. (aris)

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Popular 24 Jam