Kamis, September 19, 2024
No menu items!

Penyebaran 20.000 Benih Ikan Nila pada Dinus Inside Tingkatkan Rasa Peduli Maba Terhadap Lingkungan

SEMARANG (sigijateng.id) – Dinus Inside menjadi ajang bagi Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) memberikan pengembangan karakter kepada maba (maba) untuk peduli terhadap lingkungan. Hal itu ditandai dengan penyebaran 20.000 benih ikan Nila di Waduk Jatibarang bersama perwakilan 3.657 maba angkatan 2024/2025.

Secara seremoni serah terima benih ikan diberikan oleh Kepala Biro Kemahasiswaan (Bima) Udinus, Dr. Rindra Yusianto, S.Kom., M.T., dan diterima oleh Sekretaris Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Sukamakmur, Widodo. Penyebaran ikan yang merupakan serangkaian kegiatan Udinus Peduli dilakukan dengan menaiki perahu menuju ke tengah-tengah danau Waduk Jatibarang, pada Selasa (10/09/2024).

Pada kegiatan tersebut, diikuti oleh beberapa perwakilan maba dari enam fakultas, mahasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Udinus. Mereka juga didampingi oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Resimen Mahasiswa (Menwa) dan Pramuka.

Ditemui selepas penyebaran benih ikan, Rindra mewakili seluruh sivitas academica bersyukur bahwa Udinus dapat merealisasikan penyebaran benih ikan Nila tersebut. Diharapkan kedepannya benih-benih itu bisa berkembang dan dimanfaatkan oleh masyarakat setempat.

“Tahun ini kami melakukan penyebaran benih 20.000 ikan di Waduk Jatibarang. Kegiatan ini sebagai salah satu upaya kami untuk menumbuhkan jiwa peduli terhadap sesama kepada maba, karena penyebaran benih ikan ini turut membantu perekonomian warga setempat,” ujarnya.

Sebagai informasi, hari kedua Dinus Inside 2024 ini seluruh civitas akademika Udinus bersama-sama memberikan bantuan ke beberapa sektor. Selain penyebaran 20.000 benih ikan Nila, juga dilakukan penanaman 4.500 bibit mangrove dan juga pemberian bakti sosial ke sekitar beberapa lokasi yang berbeda.

Salah satu baru dari Program Sarjana Bahasa Inggris, Galuh Mutiara Zahrani, mengaku bahwa ini merupakan pengalaman pertama baginya melakukan penyebaran benih ikan.

“Menurut saya ini pembelajaran penting bagi maba dan mahasiswa lainnya untuk lebih peduli kepada alam maupun konservasi alam. Serta mengembangkan kepedulian kepada warga sekitar,” jelasnya.

Sementara itu, Widodo mewakili Pokdarwis wilayah Sukomakmur menyambut gembira atas bantuan yang diberikan Udinus. Ucapan terima kasih juga disampaikannya terhadap kepedulian dan perhatian Udinus terhadap kawasan Waduk Jatibarang.

“Program ini sangat bermanfaat karena dengan adanya benih ini bisa ikut menambah perekonomian bagi warga sekitar. Manfaat lainnya menambah wisata yang ada di Waduk Jatibarang,” tutupnya.

Sebelumnya di kawasan Waduk Jatibarang sudah ada kurang lebih 5 jenis ikan seperti Bandeng Tawar dan Graskap yang sudah dibudidaya. (rizal)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Popular 24 Jam