Kamis, September 19, 2024
No menu items!

Tim PKKM Teknik Elektro USM Terima Dana Hibah Tahun 2023

SEMARANG (sigijateng.id) – Tim Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) 2023 Teknik Elektro Universitas Semarang (USM) terima dana hibah untuk pertama kalinya. Salah satu Peninjauan Kurikulum yang Relevan dengan MBKM dengan kegiatan workshopnya adalah “Integrasi Pelaksanaan MBKM”, pada Selasa 22 Agustus 2023 di Horison Hotel Kota Lama Semarang.

Adapun materi dalam workshop ini diantaranya, Tata Kelola MBKM di Teknik Elektro, dengan pemateri Direktur Pengembangan Akademik UII Sisdarmanto Adinandra, Ph.D.

Dalam materinya, Sisdarmanto menjelaskan, bahwasannya Kampus Merdeka merupakan wujud pembelajaran di perguruan tinggi khususnya di Teknik elektro yang otonom dan fleksibel sehingga tercipta kultur belajar yang inovatif, tidak mengekang, dan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa dengan mengacu pada Merdeka belajar dan bagi jurusan Teknik elektro harus dapat menyediakan jalur alternatif untuk dapat melaksanakan MBKM dengan baik.

“Secara umum tujuan program merdeka belajar kampus merdeka di Teknik Elektro adalah membekali mahasiswa memiliki kompetensi dibidang Teknik Elektro khususnya di bidang Sistem Tenaga Listrik, Telekomunikasi dan Otomasi Industri yang dibutuhkan agar mereka lebih siap memasuki dunia kerja dan berprestasi dalam konteks sesuai dengan bidang yang digeluti,” jelasnya.

Sementara itu, Sisdarmanto mengungkapkan dalam materinya, pihak Program Studi Teknik Elektro wajib memiliki mitra yang sebidang, dan secara teknis membuat dokumen kerjasama pelaksanaan kegiatan dengan mitra, mengkonversi kegiatan mahasiswa yang mengambil kurikulum MBKM yang tidak merugikan mahasiswa.

Kemudian materi kedua yakni, kurikulum MBKM yang relevan di dunia industri dengan stakeholder dari PLN UP2D Jateng & DIY yang diwakili oleh dedi Rustawan dan dari PT Yodya Karya (Persero) oleh Samsudin ST. Keduanya sepakat bahwa Kurikulum MBKM sangat berpotensi mendorong mahasiswa lebih kreatif dan terampil sesuai bidang yang dipelajari.

Lebih lanjut, Ketua Prodi Teknik elektro sebagai penerima Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) 2023, Dr. Ari Endang Jayati, berharap kegiatan ini dapat memperkuat kemitraan MBKM yang berkelanjutan. (aris)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Popular 24 Jam