Sabtu, September 28, 2024
No menu items!

Anggota DPD RI Gelar Lomba Penulisan Naskah Khutbah Jumat Berhadiah Total Rp30 Juta, Cek Ketentuannya Disini

SEMARANG (Sigijateng.id) – Digelar lomba menyusun naskah khutbah Jumat dengan hadiah total Rp30 juta. Lomba ini dilakukan oleh Anggota DPD RI Dapil Jateng, Dr Abdul Kholik, SH MSi.

Adapun tema yang bisa diangkat sebagai materi lomba ini, yakni tentang tertib lalu lintas, pemulihan ekonomi masyarakat, dan penanggulangan sampah berbasis kelestarian lingkungan.

“Ketiga tema tersebut dihimpun dari hasil pemetaan selama melakukan kunjungan dan dialog kemasyarakatan di Jawa Tengah. Juga merupakan persoalan yang terjadi di keseharian interaksi sosial kemasyarakatan,” kata Abdul Kholik di Semarang Selasa (16/11/2021).

Misal soal tema tertib lalu lintas. Data yang ada, angka kasus laka lantas di Jateng mencapai kurang lebih 22 ribu kasus dengan korban jiwa mencapai 12 ribuan per tahun (data Tahun 2020). Ini menunjukkan betapa berbahayanya jalan raya bagi warga dan setiap saat bisa jatuh korban jiwa akibat laka lantas. Melalui mimbar khutbah Jumat, khatib juga bisa menyampaikan materi soal akhlak berkendara di jalan raya.

”Jadi kita focus ke tiga tema itu. Silahkan pilih sendiri. Dengan menjadi materi khutbah dapat menanamkan nilai-nilai ajajaran agama dalam membentuk ahlakulkarimah yang terkait dengan tema tersebut dan sekaligus upaya menjawab permasalahan dan solusinya. Pada giliranya dapat menjadi perilaku kolektif pelaksanaan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari mampu memberikan kontribusi bagi kemaslahatan masyarkat,” kata legislator asal Cilacap ini.

Bekerja sama dengan berbagai pihak, Abdul Kholik mengundang para khatib, alim ulama, akademisi, dan komponen masyarakat lainya untuk ikut memberikan sumbangsih berupa penyusunan naskah khutbah untuk menjawab permasalahan tersebut. Lomba penulisan materi khutbah Jumat akan digelar 2022. Total hadiahnya Rp30 juta.

Lomba penulisan berbingkai materi khutbah Jumat itu nantinya sekaligus dijadikan sarana untuk memberikan pemahaman-pemahaman kepada masyarakat. Dia berharap akan muncul kesadaran untuk mengamalkan dalam berbagai sektor kehidupan. Apalagi nantinya materi yang terkumpul itu dikhutbahkan khotib di berbagai belahan daerah Jawa Tengah.

Persiapan dan publikasi, dilaksanakan 15 November – 14 Desember 2021.

Pengumpulan naskah 15 Desember 2021 – 18 Februari 2022.

Pengumpulan naskah diterima 19 Februari 2022.

Penilaian naskah 20 – 27 Februari 2022.

Pengumuman pemenang 28 Februari 2022.

“Lomba terbuka untuk umum dengan memilih salah satu tema. Naskah yang masuk menjadi hak panitia penyelenggara.”

Dia menambahkan total hadiah yang disediakan Rp30 juta untuk juara 1 (Rp5 juta), 2 (Rp3 juta) dan 3 (Rp2 juta) serta 20 naskah terpilih yang nanti masing-masing mendapatkan Rp1 juta. Informasi lebih lanjut bisa hubungi abdulkholik.dpdri@gmail.com dan kontak Ali Muhson, 085641118581. (aris)

Berita Lainnya:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Popular 24 Jam