Minggu, September 29, 2024
No menu items!

USM – Peradi Didik Calon Advokat

SEMARANG (sigijateng.id) – Program Studi Magister Hukum Universitas Semarang (USM) bekerja sama dengan Perhimpunan Advocat Indonesia (Peradi) Cabang Kendal menyelenggarakan Pendidikan Khusus Profesi Advocat (PKPA) Angkatan IX Tahun 2024.

Menurut Ketua Dewan Pimpinan Cabang Peradi Kendal, H Subur Isnadi, SH PKPA Angkatan IX tahun 2024 dilaksanakan pada Agustus – September 2024, Online Class.

Pendaftaran dimulai 24 Juni 2024 – 21 Agustus 2024. Biaya Pendaftaran Rp 250.000,- dan Biaya Pendidikan Rp 5.000.000,- dengan benefit Soft File, materi PKPA dan T Shirt.

Kaprodi Magister Hukum Universitas Semarang (USM) Dr Drs H Kukuh Sudarmanto, BA, S Sos, SH, MM, MH menjelaskan, Advocat merupakan salah satu impian bagi mahasiswa yang kuliah di bidang hukum, akan tetapi tidak semua mahasiswa yang lulus.

Dari Fakultas Hukum bisa bekerja sebagai Advocat, karena untuk menjadi Advocat seorang Sarjana Hukum harus menempuh pendidikan lanjutan yaitu Pendidikan Khusus Profesi Advocat (PKPA).

”PKPA menjadi syarat mutlak yang harus dipenuhi seorang sarjana hukum ketika ingin memangku jabatan Advocat,” katanya.

Menurutnya, dalam Undang undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2003 Tentang Advocat bahwa Sarjana Hukum yang ingin menjadi Advocat terlebih dahulu harus mengikuti Pendidikan Khusus Profesi Advocat.

Tujuannya agar ketika menjadi Advocat memiliki kualifikasi yang mumpuni, berintegritas sebagai praktisi hukum dan matang dalam menjalankan profesi sebagai Advocat.

”Pembelajaran PKPA ajan difokuskan pada materi dasar ilmu hukum, materi hukum acara (litigasi), materi nonlitigasi dan materi pendukung serta tugas dan tanggung jawab profesi Advocat. Sehingga bisa terbentuk profile Advocat yang handal, profesional, menguasai multidisiplin dan bisa berkompetisi dan mengabdi di masyarakat, dalam rangka menegakkan keadilan,” tandas Kukuh. (aris)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Popular 24 Jam