Minggu, September 29, 2024
No menu items!

Tenang Lur, Mudik Pakai Mobil Listrik, PLN Jateng-DIY Sediakan 97 EV Charger di Tol Maupun Non Tol

Semarang (sigijateng.id) – PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah dan DIY siap memberikan pelayanan prima untuk masyarakat merayakan Idul Fitri 2024. Termasuk para pemudik yang menggunakan mobil listrik tidak perlu khawatir kehabisan energi listrik.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, Mochamad Soffin Hadi PLN mengatakan telah mempersiapkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) baik di ruas tol ataupun non tol.

Ada sebanyak 44 unit Electrical Vehicle (EV) Charger telah beroperasi di 20 titik lokasi SPKLU rest area tol Trans Jawa – Jawa Tengah. Selain itu ada 53 unit EV Charger yang telah beroperasi di 36 titik lokasi SPKLU non tol.

“PLN siap melayani dan memudahkan masyarakat menggunakan kendaraan listrik selama Ramadan dan Lebaran 2024 di Jawa Tengah dan DIY,” katanya, Jumat, 5 April 2024.

Untuk keseluruhan pelayanan, PLN menyiagakan 4.085 personil yang siap diterjunkan untuk pastikan keandalan pasokan listrik di wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pengamanan personil gabungan tersebut terdiri dari pegawai, petugas pelayanan teknik, petugas Unit Reaksi Cepat, petugas Command Center hingga petugas keandalan di Gardu Induk yang siaga selama 24 jam memastikan keandalan pasokan listrik ke rumah pelanggan.

“PLN siap mengamankan kelistrikan dalam momen Idul Fitri 1445 H di wilayah Jawa Tengah dan DIY, termasuk 342 lokasi prioritas yang meliputi masjid, kantor instansi pemerintahan, pusat transportasi, tempat wisata dan rest area,” terang dia.

“Kami berharap masyarakat dapat menikmati ibadah dan momen kebersamaan kerabat, terlebih dengan Jawa Tengah dan DIY yang seringkali menjadi destinasi tujuan pemudik terbanyak.” imbuhnya.

PLN juga mempersiapkan 122 posko siaga keandalan listrik yang tersebar di wilayah Jawa Tengah dan DIY.

Meliputi 79 Posko Unit Layanan Pelanggan (ULP) PLN, 14 Posko Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3), 10 Lokasi SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum) Tol, 17 Posko Non Tol dan 2 Posko Tempat Wisata.

Untuk mendukung keberadaan posko tersebut, PLN juga menyiapkan sejumlah material pendukung pada periode siaga, seperti 84 genset, 154 Unit Gardu Bergerak (UGB), 40 Uninterruptible Power Supply_(UPS), 74 crane, 14 unit Kabel Bergerak (UKB) dan 316 mobil dan 425 motor.

Diprediksi beban puncak tertinggi selama bulan April akan mencapai 5.194 MW dan cadangan daya 2.622 MW atau masih 33 persen. (Red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Popular 24 Jam