Minggu, Oktober 6, 2024
No menu items!

Sambut Tahun Baru 1446  Hijriyah, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Saksikan Kemeriahan Festival Pawai Obor di Desa Masin Batang 

SIGIJATENG.ID – Mahasiswa KKN MIT Posko 76 UIN Walisongo menyaksikan kegiatan meriah di Desa Masin Kecamatan Warungasem Batang saat menyambut pergantian tahun baru 1446 H, Sabtu (6//7/2024) malam, yakni Festival Pawai Obor.

Ribuan obor ini, diarak mengelilingi Desa Masin, Kecamatan Warungasem, Kabupaten Batang, sebagai bentuk solidaritas dan memeriahkan tahun baru Hijriyah. Warga Desa Asin dan sekitarnya sangat antusias mengikuti Festival Pawai Obor itu, apalagi juga disediakan banyak doorprize menarik.

Kegiatan pawai obor ini melibatkan sekitar 1.300 peserta pawai obor dari seluruh masyarakat di Desa Masin dan mahasiswa KKN MIT Posko 78 UIN Walisongo. Sebelum menuju titik konfigurasi di lapangan Desa Masin, mereka berjalan kaki sejauh empat kilometer. Acara berlangsung hingga MInggu dni hari dengan titik akhir di lapangan desa setempat.

“Kegiatan pawai obor dengan berjalan kaki ini, sudah ada sejak dulu sebelum rame seperti ini, yang bertujuan untuk merekatkan solidaritas masyarakat dan juga melestarikan tradisi lokal kampung sini,” jelas Sugiyanto, Kepala Desa Masin.

Selain membawa atribut obor, warga Desa Masin dari semua kalangan baik anak-anak, muda ataupun dewasa, melakukan jalan kaki sejauh 4 KM mengelilingi desa. Selama berjalan, mereka juga terus menerus melantunkan sholawat dan syair-syair Jawa Islami.

“Pawai kali ini sangat meriah sekali, banyak pesertanya dan banyak pentas seperti paskibraka, marching band, dan pertunjukan dari sembur api dari kakak-kakak mahasiswa KKN UIN Walisongo,” kata Arifin Nuha (18), Pelajar MA Tholabuddin Desa Masin Kecamatan Warungasem.

Usai melakukan arak-arakan pawai, para warga kemudian berkumpul di lapangan Desa Masin Kecamatan Warungasem untuk mengikuti pengundian Doorprize dari panitia pelaksana dan mahasiswa KKN MIT Posko 76 Desa Masin Kecamatan Warungasem.

“Saya sangat mengapresiasi kekompakan warga di Desa Masin ini, yang saling bekerjasama dan kreatif. Dan juga dukungan dari adik-adik mahasiswa KKN Posko 76 UIN Walisongo, ribuan obor dan iring-iringan pawai bisa berjalan dengan tertib dan lancar,” jelas Zubaidi Ketua pelaksana kegiatan pawai. (badawai/timkkn/*)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Popular 24 Jam