Kamis, September 19, 2024
No menu items!

Ponpes Al Amanah Weding Adakan Maulid Nabi Dihadiri Ribuan Santri dan Warga Sekitar

DEMAK (sigijateng.id) – Ponpes Al Amanah Demak sukses menggelar acara Maulid Nabi Muhammad SAW Sabtu, 14 September 2024 bertepatan 10 Rabilul Awal 1446 H, siang.

Hadir dalam acara maulid nabi ini Habib Ridho bin Muhammad Al Habsyi Ketua Robitah Alawiah Kabupaten Pemalang, Habib Hamid bin Soleh Ba Aqil asli Surabaya yang sekarang menetap di Semarang juga beberapa kyai seperti KH Sa’dullah, kyai Muhammad Labib Al Hafidz kyai Afifudin dan masih banyak lagi.

Hadir pula ratusan santri wali santri, santri, alumni, para muhibbin,  serta warga warga sekitar. Mereka memadati dan mengikuti acara maulid di halaman Ponpes Al Amanah dengan hidmat dan khusuk.

Acara maulid nabi di Ponpes Al Amanah Desa Weding Kecamatan Bonang Demak, Sabtu 14 September 2024. ( foto dok pospes al Amanah)

Acara dimulai setelah sholat Dzuhur dengan pembacaan Maulid dipimpin oleh Habib Ridho bin Muhammad Al Habsyi .

Seperti biasa sebelum pembacaan maulid Habib Ridho membaca suratul Fatihah untuk para Habaib ulama dan sesepuh yang sudah mendahului ke Rahmatullah .

Sambutan keluarga besar Ponpes Al Amanah diwakili putra tertua Syaikhina KH Hamdan Rofi’i yaitu Drs KH Ahmad Anas, MSI kakak dari Gus Abdar.

Dalam sambutanya Kyai Anas menyampaikan ucapan terimakasih atas kehadiran semua masyarakat alumni dan wali santri yang hadir dalam acara ini .

“Kami sampaikan ucapan terimakasih atas semua bantuan dan partisipasi atas terselenggaranya acara maulid ini,” kata Kyai Anas.

BACA JUGA: Jateng Sudah Kumpulkan 33 Medali Emas Melampaui Raihan PON Papua XX 2021, Masih Berpotensi Menambah 28 Keping Emas

Kyai Anas menyampaikan pentingnya kita menjadi orang yang cerdas dan pintar, sehingga tidak mudah diadu domba oleh orang yang ingin merusak akidah kita. “Kita harus lebih giat mengaji dan tolabul ilmi supaya cerdas dan pintar,” tegas kyai Anas .

Maulid tahun ini dilaksanakan lebih awal tidak seperti biasanya karena bersamaan dengan jadwal keberangkatan KH Abdullah Haidar,  ke Tanah suci.

Biasanya peringatan Maulid Nabi di Ponpes Al Amanah Desa Weding Kecamatan Bonang Demak digelar setalah tanggal 15 Rabiul Awal, yaitu setelah peringatan maulid di Pekalongan Majlis Habib Abdullah Baqir bin Ahmad Al  Athas .

Dalam peringatanan maulid ini tausiyah yang pertama disampaikan oleh Habib Hamid Ba Agil .

Beliau menyampaikan betapa pentingnya acara dan majlis maulid seperti ini karena bisa kembali belajar dan mengenang sosok manusia agung Baginda Nabi SAW .

“Beruntung dan bersukur bagi yang bisa menghadiri majlis seperti ini,” kata Habib Hamid yang sesekali diselingi dengan guyonan ringan .

Tausiyah ke dua disampaikan oleh Habib Ridho Al Habsyi Ketua Robitah Alawiah Kabupaten Pemalang.

Dalam tausiyahnya Habib Ridho menyampaikan perlunya membersikan hati dan menjaga lisan dari ucapan dan perbuatan yang tidak baik.

“Marilah kita hiasi diri kita dengan ahlakul karimah sebagaimana yang dicontohkan Baginda Nabi SAW,” ajak Habib Ridho .

Beliau menyampaikan kunci keselamatan dunia akhirat adalah  mengikuti nabi Muhammad SAW.

“Apabila ingin selamat maka kuncinya adalah mengikuti nabi Muhammad,” jelas Habib Ridho Al Habsyi .

Beliau juga menyinggung dakwah Walisongo yang penuh dengan kesejukan dan kearifan .

Terakhir Habib Ridho mengajak kepada hadirin untuk Istiqomah dan mengikuti Sunnah Sunnah nabi.

“Jadi barometer kita adalah Nabi Muhammad. Siapapun yang sesuai dengan jalan nabi Muhammad mari kita ikuti,” tegas Habib Ridho .

Acara ditutup dengan doa oleh habib Hamid Ba Agil dan Gus Abdar.

“Semoga kita yang hadir mendapatkan keberkahan dari acar ini dan mendapatkan syafaat Baginda Nabi SAW serta bisa meneladani Baginda Nabi. Amin,” katanya. (rizal)

Berita Terbaru:

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular