Selasa, Oktober 8, 2024
No menu items!

Ini Agendanya, Imam Masjid Nabawi Berkunjung di Indonesia Mulai 7 Oktober

JAKARTA (sigijateng.id) — Imam Masjid Nabawi Mekah, Syaikh Ahmad bin Ali Al-Hudzaifi melakukan kunjungan resmi ke Indonesia dari 7 hingga 11 Oktober 2024. Kedatangan disambut oleh kemenag RI dan rencananya juga akan bertemu Presiden Jokowi.

Dirjen Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin menyampaikan, kunjungan Imam Masjid Nabawi merupakan bagian dari kerja sama bilateral yang selama ini telah berjalan baik dan aktif antara Kementerian Urusan Islam, Dakwah, dan Bimbingan Kerajaan Arab Saudi dengan Kemenag Republik Indonesia.

“Kedatangan yang mulia Syaikh Ahmad bin Ali Al-Hudzaifi adalah untuk memperkuat kerja sama di bidang dakwah dan urusan Islam,” katanya di Jakarta, Selasa (8/10/2024).

Kamaruddin menjelaskan, kedatangan Imam Masjid Nabawi ini merupakan simbol dari hubungan baik yang terjalin antara Indonesia dan Arab Saudi, khususnya dalam upaya memperkenalkan nilai-nilai Islam yang mulia di kalangan umat Muslim Indonesia.

Kerja sama tersebut, imbuhnya, juga mencakup peran umat Islam dalam kemajuan peradaban regional maupun global. Menurutnya, penting untuk mengaktualisasikan nilai-nilai ajaran Islam untuk perdamaian dunia.

“Islam mengajarkan cinta, kasih sayang, perdamaian dan keadilan. Itulah nilai-nilai yang akan kita terus gaungkan dalam kerja sama ini,” kata Kamaruddin.

Kedatangan Imam Masjid Nabawi ini, lanjut Kamaruddin, diharapkan dapat memberi dampak positif bagi hubungan bilateral kedua negara dan mempererat persaudaraan umat Muslim.

Kamaruddin juga mengungkapkan bahwa kunjungan Syaikh Ahmad bin Ali Al-Hudzaifi selama di Indonesia akan diisi dengan berbagai agenda penting.

“Imam Masjid Nabawi akan menghadiri sejumlah kegiatan yang melibatkan tokoh agama, ulama, Ormas Islam, pesantren, dan masyarakat,” ungkapnya.

Dia menambahkan, salah satu agenda utama yang akan diikuti oleh Syaikh Ahmad bin Ali Al-Hudzaifi adalah pertemuan dengan ulama-ulama besar Indonesia untuk berdiskusi mengenai penguatan dakwah Islam di era modern.

“Kehadiran beliau tentu akan menjadi momentum berharga bagi umat Muslim Indonesia untuk meningkatkan persatuan dan persaudaraan sesama Muslim dan sesama bangsa,” tegas Kamaruddin.

Agenda Acara

Imam Masjid Nabawi Syaikh Ahmad bin Ali Al-Hudzaifi di Indonesia

Senin, 7 Oktober 2024 : Tiba di Indonesia

Selasa, 8 Oktober 2024 :

  • Bertemu Menteri Agama RI
  • Bertemu Majelis Ulama Indonesia (MUI)

Rabu, 9 Oktober 2024 :

  • Bertemu Presiden RI
  • Bertemu Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU)
  • Bertemu Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DDII)

Kamis, 10 Oktober 2024 :

  • Bertemu Pengurus Pusat Muhammadiyah
  • Ceramah Umum di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Berkunjung ke Pesantren Darunnajah Jakarta

Jumat, 11 Oktober 2024 :

  • Bertemu Imam Besar Masjid Istiqlal, Menjadi Imam Salat Jumat, dan Muhadharah
  • Kembali ke Arab Saudi. (asz)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Popular 24 Jam