Minggu, September 29, 2024
No menu items!

Peduli 3M di Masa Covid-19, KKN UIN Walisongo Ajak Warga Buat Hand Sanitizer dari Bahan Alami

SEMARANG (Sigi Jateng) – Kuliah Kerja Nyata Reguler Dari Rumah (KKN-RDR) UIN Walisongo Semarang kelompok 30 mengajak masyarakat di Desa Banjarsari RT 03/ RW 01, Kecamatan Gajah, Kabupaten Demak memanfaatkan bahan alami untuk membuat hand sanitizer.

Koordinator kelompok 30 KKN-RDR UIN Walisongo Aris Sairi mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu program kerja kelompok di bidang peduli covid-19 yakni dengan mengajak masyarakat untuk bisa membuat hand sanitizer dari bahan alami.

“Masyarakat umum belum banyak yang mengetahui jika bahan alami bisa dibuat untuk hand sanitizer, seperti jeruk nipis dan daun sirih yang sebenarnya sangat mudah untuk didapatkan,” katanya pada Jum’at (16/10/2020).

Aris menambahkan, pembuatan handsanitizer dari bahan alami ini nantinya bisa dibuat sendiri oleh masyarakat di rumah masing-masing karena biaya yang terjangkau dan bahan-bahan yang mudah didapat. Terlebih di masa pandemi ini protocol kesehatan wajib dipatuhi.

“Di masa pandemi ini tentunya hand sanitizer menjadi salah satu barang yang wajib kita bawa kemana-mana, namun tidak semua masyarakat bisa membeli hand sanitizer dengan mudah karena harganya yang sangat melonjak bahkan terkadang susah didapatkan karena stok yang terbatas,” tambahnya.

Mastinah, salah satu warga yang mengikuti kegiatan pembuatan hand sanitizer dari bahan alami menyambut dengan antusias pemanfaatan jeruk nipis dan daun sirih ini.

“Saya sangat antusias dan senang dapat mengikuti kegiatan ini karena menambah ilmu baru apalagi dulu saya pikir jeruk nipis dan daun sirih hanya bisa dibuat untuk bahan memasak, namun ternyata bisa dimanfaatkan untuk membuat hand sanitizer,” tuturnya.

Tidak hanya itu, Mastinah mengaku akan mencoba membuat hand sanitizer dari bahan alami sendiri di rumahnya karena bahan yang sudah biasa ada di dapurnya.

“Saya bisa memanfaatkan jeruk nipis dan daun sirih yang biasanya ada di dapur untuk membuat hand sanitizer ini yang nantinya bisa digunakan ketika berpergian dan kegiatan di luar rumah,” pungkasnya. (Mushonifin)

Baca Berita Lainnya

Catatan Redaksi: Bersama lawan virus corona. Sigijateng.id, mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan ibu, lakukan 3M (Wajib Memakai Masker, Wajib Mencuci Tangan, Wajib Menjaga Jarak Hindari Kerumunan).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Popular 24 Jam