USM Siapkan Mahasiswa Terbaik Ikuti PPK Ormawa

Ketua Kelompok dari BEM FH Akarel Satrya Pratama melakukan kerja sama dengan Mitra PPK Ormawa yaitu Kelurahan Gemah yang diterima Lurah Gemah Bagus Santoso, S.STP.,M.M.( foto dok usm)

SEMARANG (sigijateng.id) – Universitas Semarang (USM) menyiapkan sejumlah mahasiswa terbaik untuk ambil bagian dalam Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi.

Wakil Rektor III USM, Dr Muhammad Junaidi SHI MH mengatakan, pihaknya telah menyiapkan sejumlah pengurus dari 8 organisasi mahasiswa (orma) untuk mengikuti PPK Ormawa. Ke-8 orma itu antara lain Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) USM, BEM Fakultas Teknologi Pertanian (FTP), BEM Fakultas Hukum (FH) Unit Kegiatan Mahaiswa Persekutuan Mahasiswa Kristen (UKM PMK), UKM Smart Preneur Community (SPC), UKM Jurnalistik Optimus, dan UKM Bulu Tangkis.

”Saya mengapreasiasi mahasiswa yang tergabung dalam Orma di USM, karena memiliki pemikiran untuk mau mengabdi dan terjun langsung di masyarakat yang dituangkan dalam proposal yang diajukan ke Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi ,” ungkap Wakil Rektor III, Dr Muhammad Junaidi SHI MH.

Menurutnya, ada 8 kelurahan atau desa yang bersedia menjadi mitra untuk menjadi tempat pengabdian dan pemberdayaan masyarakat. Ke-8 kelurahan itu adalah Kelurahan Gemah Kota Semarang, Pedurungan Tengah Kota Semarang, Tlogosari Kulon Kota Semarang, Desa Bedono Demak, Desa Sayung Demak, Desa Banjarsari Demak, Kelurahan Muktiharjo Kidul Kota Semarang, serta Desa Surodadi Demak.

Ada 8 judul proposal yang diangkat para mahasiswa, di antaranya ”Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) bagi Pelajar untuk Meningkatkan Kualitas Moral dan Pendidikan di Kelurahan Gemah, Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang”, ”Reboisasi Hutan Mangrove sebagai Upaya Mengantisipasi Banjir di Pesisir Pantai Utara Sayung Desa Banjarsari, Demak”, ”Pembuatan Saluran Mata Air Gunung Sumbing Via Dukuh Seman Basecamp Bimawari, dan Pendampingan Pemahaman Perangkat Kelurahan Gemaн (Dalam Menangani Sengketa Pendaftaran Tanah Berbasis PTSL Baik Sebelum dan Sesudah Terbitnya Sertifikat Tanah)”.

”Saya berharap 8 proposal ORMA USM dapat lolos didanai oleh Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi sehingga dapat bermanfaat bagi mitra nantinya,” ungkapnya.(rizal)

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini