Senyum Sumringah Penyandang Disalibitas di Batang Terima Bantuan Atensi Kemensos, Pj Bupati Lani Berharap Begini

Kemensos RI melalui Sentra Terpadu Kartini di Temanggung menyalurkan bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (Atensi) berupa alat bantu fisik dan bantuan kewirausahaan. Foto : Istimewa

Batang (sigijateng.id) – Masyarakat di Batang khususnya penyandang disabilitas mendapat bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (Atensi) dari Kementerian Sosial melalui Centra Terpadu Kartini di Temanggung Jawa Tengah.

Bantuan berupa alat bantu fisik dan bantuan kewirausahaan tersebut diharapkan bisa mempermudah akses dalam kegiatan sehari-hari dan meningkatkan produktivitas bagi penerima secara ekonomi.

Penjabat Bupati Batang, Lani Dwi Rejeki, menyampaikan apresiasi mendalam atas bantuan atensi yang diberikan oleh Kemensos tersebut. Bantuan kewirausahaan ini dapat membantu penerimanya menjadi lebih mandiri bagi pribadi maupun keluarganya.

“Kami sangat berterima kasih atas bantuan yang telah disalurkan, yang mencakup berbagai alat penting bagi masyarakat, termasuk kursi roda, alat bantu jalan, alat bantu dengar, serta prostesis kaki dan tangan,” ujar Rejeki pada Selasa, (26/3).

Lebih dari Rp 300 juta rupiah telah dialokasikan untuk membantu warga, tidak hanya dalam bentuk alat bantu, tetapi juga sebagai modal usaha untuk berbagai jenis pedagang, dari penjual nasi hingga penjual roti.

“Ini adalah realisasi dari usulan kami, dan kami berharap bantuan ini akan terus berlanjut di triwulan berikutnya,” tambah Rejeki.

Ia juga menekankan pentingnya bantuan ini untuk mendorong kemandirian dan mengurangi angka kemiskinan di Batang.

“Kami berharap bantuan ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh penerima manfaat untuk menghidupi diri sendiri dan keluarga mereka,” tutup Rejeki.

Sementara itu, Kepala Sentra Terpadu Kartini Iyan Kusmadiana di Temanggung, menegaskan bahwa bantuan ini merupakan hasil dari asesmen yang dilakukan bersama Dinas Sosial.

Bantuan totalnya mencapai Rp 308.437.860 terbagi dari kategori pemenuhan hidup layak dan tambahan nutrisi sebesar Rp. 46.937.000,-, bantuan alat bantu Rp. 130.600.000,-, bantuan kewirausahaan Rp. 52.959.860,- dan bantuan logistik Rp. 77.941.000,-

“Kami telah menyalurkan bantuan sebesar Rp 308 juta rupiah kepada 128 penerima manfaat, yang terbagi dalam tiga kategori: perlengkapan nutrisi, alat bantuan disabilitas, dan modal kewirausahaan,” jelasnya.

“Pemberian bantuan ini tidak hanya menjadi harapan bagi masyarakat penyandang disabilitas di Batang tetapi juga memberikan dorongan bagi mereka untuk lebih mandiri dan produktif dalam kehidupan sehari-hari,” sambungnya. (Red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini