Sambut HUT Ke-78 Bhayangkara, Polres Wonosobo Ziarah dan Tabur Bunga di TMP

Kapolres Wonosobo AKBP Donny Sardo Lumbatoruan, SH SIK MIK ketika melakukan tabur bunga di TMP Wiropati. Foto : mahaka putra/sigijateng.id

Wonosobo (sigijateng.id) – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Bhayangkara, yang jatuh pada tanggal 1 Juli 2024 mendatang, Polres Wonosobo melaksanakan ziarah kubutlr dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Wiropati setempat

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Wonosobo, AKBP Donny Sardo Lumbantoruan, SH SIK MIK dan dihadiri oleh pajabat utama (PJU), perwira dan sejumlah personel Polres Wonosobo.

Kapolres AKBP Donny Sardo Lumbatoruan menuturkan, ziarah dan tabur bunga merupakan suatu bentuk penghargaan dan penghormatan kepada para pahlawan yang berjuang untuk kemerdekaan Negara Kesatuan RI (NKRI) yang masih tegak berdiri sampai hari ini.

“Ziarah dan tabur bunga pada para pendahulu juga menjadi pengingat bagi kita semua untuk selalu menjaga dan mengisi kemerdekaan dengan sebaik-baiknya. Warisan para pahlawan itu harus terus dirawat oleh generasi masa kini,” ujarnya.

Kegiatan ziarah dan tabur bunga yang dilakukan Senin (24/6/2024) tersebut merupakan agenda rutin Polres Wonosobo yang dilaksanakan setiap tahun dalam rangka memperingati HUT Bhayangkara ke-78.

Teladani Pahlawan

Upacara ziarah diawali dengan penghormatan kepada para pahlawan, mengheningkan cipta, dan pembacaan doa. Seluruh peserta upacara, ziarah kubur dan tabur mengikuti kegiatan yang cukup sakral itu secara khikmat.

Setelah upacara dan ziarah kubur, rombongan yang dipimpin Kapolres AKBP Donny Sardo Lumbatoruan kemudian dilanjutkan dengan peletakan karangan bunga oleh Kapolres dan diikuti oleh seluruh peserta upacara.

Acara diakhiri dengan tabur bunga di makam para pahlawan yang gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Mereka merupakan para pahlawan atau suhadak yang telah berjuang untuk kemerdekaan Indonesia sampai titik darah penghabisan.

AKBP Donny Sardo Lumbatoruan juga mengajak kepada seluruh jajaran Polres Wonosobo untuk meneladani semangat juang para pahlawan dalam melaksanakan tugasnya. Jika dilakukan dengan baik, tugas anggota Polri sangat mulia, karena menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Mari kita jadikan semangat juang para pahlawan sebagai motivasi untuk bekerja lebih keras dan lebih profesional dalam melayani masyarakat,” tutup Kapolres. (mahaka putra)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini