Sambut Arus Mudik-Balik Lebaran 2024, Berikut Ini Fokus Perhatian Utama di Kabupaten Kendal

Rapat koordinasi lintas sektoral Forkopimda Kendal dalam rangka pengamanan hari raya Idul Fitri 1445 H yang dilaksanakan di Aula Mapolres Kendal pada Senin (1/4/2024). Foto: Istimewa

Kendal (sigijateng.id) – Pemerintah menetapkan Libur Nasional dan Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah mulai tanggal 8 sampai 15 April 2024. Cuti dan libur yang cukup lama akan berdampak pada peningkatan mobilitas masyarakat, khususnya di arus mudik dan balik 2024.

Selain fokus pada pengamanan arus mudik dan balik, ada perhatian utama yang akan dilakukan Pemerintah Kabupaten Kendal dan Polres Kendal. Perhatian utama tersebut yakni ancaman bencana alam serta aksi tawuran remaja yang marak.

Hal itu menjadi pokok bahasan pada rapat koordinasi lintas sektoral Forkopimda Kendal dalam rangka pengamanan hari raya Idul Fitri 1445 H yang dilaksanakan di Aula Mapolres Kendal pada Senin (1/4/2024).

“Terkait lalu lintas saat arus mudik dan balik mudah diatasi karena ada jalan tol. Yang menjadi perhatian utama adalah bencana alam dan tawuran. Beberapa minggu lalu banjir menggenangi jalan utama sehingga perlu antisipasi,” kata Kapolres Kendal AKBP Feria Kurniawan.

Feria mengungkapkan, aksi tawuran mendekati Lebaran makin marak di Kendal. Setidaknya ada 3 lokasi tawuran yang teradi akhir pekan lalu, yakni di Kaliwungu, Boja dan Patebon.

“Kita tegaskan tidak pandang bulu, jika menggunakan senjata tajam akan ditindak tidak lagi pembinaan. Sehingga ada efek jera apalagi libur sekolah panjang sehingga perlu antisipasi tawuran pelajar,” tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Dandim 0715 Kendal, Letkol Ely Purwadi mengatakan semua permasalahan bisa diatasi dengan kordinasi lintas sektoral. “Tidak ada yang sulit untuk ditangani bersama-sama,” kata dia.

“Semoga pengamanan idul Fitri mendatang berjalan lancar tanpa ada bencana dan kejadian yang menonjol,” imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Kendal Dico M Ganinduto mengingatkan, kegiatan ini adalah rutin setiap tahun menjelang lebaran. Apapun situasinya selalu mengedepankan kerjasama dan kolaboratif.

Dikatakan antisipasi kerawan kejahatan dan banyak kasus tawuran yang dilakukan remaja menjelang sahur perlu upaya khusus sinergi antara pemerintah dan TNI Polri agar seluruh wilayah di Kendal aman.

“Mari bersama menjalankan proses pengamanan idul Fitri berjalan lancar dan aman. Bahan evaluasi kami tahun lalu ada beberapa pos tenaga kesehatan masih minim dan dipastikan tahun ini dimaksimalkan sehingga bisa membantu warga dan pemudik yang membutuhkan,” kata Dico.

Kepada petugas, Dico berpesan agar menjaga stamina dan kesehatan fisik dan psikologis serta niatkan setiap pelaksanaan tugas dengan ikhlas sebagai ibadah kepada Allah SWT.

Lakukan deteksi dini terhadap dinamika dan fenomena yang berkembang sehingga dapat melakukan langkah-langkah pencegahan.

“Laksanakan pengamanan secara profesional dan humanis, berikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dimanapun dan kapanpun guna menjamin masyarakat aman dan nyaman. Mantapkan kerja sama, sinergitas, dan soliditas para pihak yang terlibat demi keberhasilan pelaksanaan operasi,” pungkasnya. (Red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini