Ringsek, Mobil Ambulance Tabrak Truk Tewaskan 2 Orang di Tol Pemalang-Batang, Begini Kronologinya

Sebuah mobil ambulans pembawa jenazah yang menabrak truk di ruas tol Pemalang-Batang wilayah Pekalongan, Senin (17/6/2024). Foto: Istimewa - dok. PBTR

Pekalongan (sigijateng.id) – Peristiwa kecelakaan menimpa sebuah mobil ambulans pembawa jenazah dengan nomor polisi D 9908 VB menabrak belakang truk Siba H 1412 GA hingga ringsek di ruas tol Pemalang-Batang. Dua orang dinyatakan tewas akibat kecelakaan tersebut.

Kecelakaan itu terjadi pada Senin (17/6/2024), sekitar pukul 11.00 WIB di ruas tol Pemalang-Batang KM 325+900 Jalur A Pekalongan. Dalam kecelakaan itu, satu orang meninggal di lokasi kejadian dan satu korban meninggal saat penanganan di rumah sakit.

Dua korban tewas diidentifikasi yakni pengemudi ambulans yang membawa jenazah serta pendampingnya, masing-masing bernama Firman Nurdi (55), warga Komplek GBI Blok E-9 NO.12 RT 004/RW 008, Buah Batu, Bojongsoang, Kabupaten Bandung, meninggal saat dirawat di rumah sakit.

Sedangkan, korban kedua bernama Sugiyono (56), warga Cipadung Kidul 007/005 Panyileukan, Bandung, yang tewas di lokasi kejadian.

“Betul, ada kecelakaan di tol tepatnya KM 325+900 jalur A. Dua orang meninggal dunia,” kata Manager Teknik dan Operasi PT Pemalang Batang Tol Road (PBTR), Yulian Fundra Kurnianto saat dihubungi Senin (17/6/2024) petang.

Berdasarkan data yang diperolehnya, lanjut Yulian Fundra Kurnianto, selain dua korban tewas, ada dua penumpang lain yang mengalami luka berat.

Menurutnya, peristiwa tersebut berawal dari mobil ambulans pembawa jenazah dan keluarga yang dikemudikan oleh Firman Nurdi (55) dalam perjalanan dari Bandung menuju ke Ngawi, Jawa Timur.

Peristiwa ini masih dalam penanganan petugas Satlantas Polres Pekalongan. Pihak polisi menyebut sopir ambulans diduga kurang konsentrasi. Kasat Lantas Polres Pekalongan, AKP Joko Supriyanto mengungkapkan kecelakaan yang menewaskan dua orang itu akibat pengemudi mobil ambulans pembawa jenazah kurang konsentrasi hingga menabrak truk.

“Diduga kurang konsentrasi, sehingga saat mau mendahului truk, terjadi tabrakan. Dua orang meninggal dunia. Satu meninggal di lokasi kejadian dan satu di rumah sakit,” katanya.

Menurut Kasat Lantas, peristiwa terjadi dengan melibatkan dua kendaraan yakni mobil ambulans pembawa jenazah bernomor polisi D 9908 VB yang dikemudikan Firman Nurdi (54), warga Kelurahan Buah Batu, Kecamatan Bojongsoang, Bandung dengan truk H 1412 GA, yang dikemudikan Dafit Kurniawan (30), warga Gentol RT 2 RW 2, Selogiri, Karanggayam, Kebumen.

“Rombongan mobil ambulans pembawa jenazah dari Bandung menuju ke Ngawi, Jawa Timur,” katanya.

Joko menerangkan, rombongan mobil pembawa jenazah yang dikemudikan Firman dengan didampingi pendamping sopir Sugiyono (55), warga Kelurahan Cipadung Kidul, Kecamatan Panyileukan, Kota Bandung, membawa jenazah Sarmiati (71-alm) tujuan Ngawi Jawa Timur. Turut serta juga pihak keluarga, yakni Rohmat Fauzi (38) warga Sine, Ngawi dan Alifudin Muhammad Iqbal (26) warga Bandung.

“Semula kendaraan Suzuki APV Ambulance melaju dari Barat ke Timur di lajur kiri. Sesampainya di TKP kurang konsentrasi sehingga tabrak belakang truk yang melaju di depannya. Diduga pengemudi ambulans kurang konsentrasi karena mengantuk sehingga menyebabkan kecelakaan,” jelas Joko Supriyanto.

Menerima informasi itu, pihaknya bersama instansi terkait langsung ke lokasi kejadian untuk melakukan olah TKP dan evakuasi korban ke rumah sakit. (Red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini